BIBPlus FAQs

FAQs

Perhatikan keamanan halaman website Anda

Saat login ke BIBPlus, periksa apakah alamat website pada status bar di bagian atas browser Anda berubah dari http:// ke https:// dan ikon keamanan (simbol ) muncul di samping kiri/kanan bar alamat URL browser Anda. Jika Anda tidak melihat simbol , segera tinggalkan website tersebut dan melaporkannya kepada UOB Call Centre di nomor 14008.

Langkah tambahan untuk meningkatkan keamanan dalam transaksi online Anda

  • Jaga kerahasiaan ID pengguna dan Kata Sandi BIBPlus Anda.
  • Ubah Kata Sandi Anda secara rutin
  • Simpan Token Anda di tempat yang aman
  • Segera laporkan kepada Bank jika Token Anda rusak atau hilang. Permintaan penggantian Token yang rusak atau hilang harus disertai dengan formulir pengelolaan terkait. Dalam kondisi token rusak, Anda harus mengembalikan token rusak bersamaan dengan formulir pengelolaan tersebut kepada Bank
  • Bank tidak pernah menanyakan data-data rahasia seperti PIN, kata sandi, login ID, data pribadi dan sebagainya melalui telepon atau email
  • Unduh (download) aplikasi hanya dari situs yang terpercaya. Sebaiknya Anda tidak mengakses atau bahkan mengunduh file dan/atau aplikasi dari website yang tidak dikenal atau tidak dapat diyakini keabsahannya.
  • Matikan Bluetooth atau Wi-Fi perangkat Anda terutama di tempat umum jika tidak digunakan.
  • Selalu akses dengan mengetik https://id.bibplus.uob.co.id/BIB/public dan tidak melalui tautan email. Kami sarankan untuk menyimpan akses BIBPlus di menu favorit atau bookmarks.
  • Selalu logout dari BIBPlus sebelum berpindah ke website lain dan pastikan selalu menghapus browser’s disk cache (pada Menu Bar> pilih Tools> klik Delete Browsing History) terutama jika Anda mengakses rekening Anda dari terminal akses publik. Hal ini akan mencegah informasi rekening Anda tersimpan pada terminal.
  • Instal firewall personal1 pada PC Anda sekaligus perangkat lunak (software) anti-virus dan anti-trojan horse2 untuk melindungi PC Anda dari virus dan program yang berbahaya.

1 Firewall Personal

Firewall personal menyediakan dua fungsi dasar. Fungsi ini melindungi sistem Anda dari pemindai yang tidak diminta dari internet dan juga menawarkan kontrol ke luar. Pemindai ke dalam dapat mencari dan memblokir perintah, instruksi, program atau pesan yang tidak diundang masuk ke dalam sistem Anda, sementara kontrol ke luar akan mencari dan memblokir program yang tidak dikenal (seperti virus dan Trojan horses) untuk mengirimkan pesan dari komputer Anda ke luar.

2 Trojan Horse

Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (kata sandi, kebiasaan pengguna yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memeroleh hak akses pada target).

Untuk FAQs lengkap, klik FAQ BIBPlus Customer.pdf

Istilah Keamanan

Phising adalah tindakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab dalam memperoleh informasi pribadi seperti user id, password, atau informasi lainnya dengan tujuan penipuan dan bisa mengakibatkan akun internet banking dapat diakses oleh orang lain.

Cara kerja phising adalah memalsukan alamat website ataupun email. Tips agar terhindar dari phising :

  • Pastikan kembali alamat websiteyang Anda kunjungi khususnya alamat website UOB Indonesia yaitu uob.co.id.
  • Selalu update Sistem Operasi, Software aplikasi, dan Browser yang digunakan.
  • Perhatikan alamat email 
  • Jangan membuka atau download lampiran apapun dari email yang tidak dikenal, karena lampiran tersebut kemungkinan berisi malware.
  • Jangan sembarang klik hyperlink yang terdapat pada  Hyperlink bisa digunakan untuk mengarahkan Anda ke situs-situs phising yang berisi malwareatau website yang menipu pengguna agar memberikan informasi pribadi.

Malware adalah program atau software yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer yang bisa mengalihkan data hasil input nasabah/pengguna untuk kepentingan lainnya yang tidak bertanggung jawab sehingga bisa menyebabkan kerugaian finansial terhadap nasabah.

  • Kerja malware hampir sama seperti virus, namun malware memberikan informasi dari komputer/perangkat kita ke server/asal malware tersebut.
  • Tips agar komputer/perangkat yang Anda pakai terhindar dari malware:
  • Install IBM Trusteer melalui tautan berikut http://www.uob.co.id/corporate/business-internet-banking-plus/ibm-trusteer-rapport.page dan lakukan update secara berkala.
  • Selalu update Sistem Operasi, Software aplikasi, dan browser yang digunakan.
  • Jangan sembarangan melakukan download dari internet dan pastikan dari situs terpercaya.
  • Jangan membuka email sembarangan dari orang yang tidak dikenal.

Social Engineering adalah manipulasi psikologis dari seseorang dalam melakukan aksi atau menguak suatu informasi rahasia biasanya dilakukan melalui telepon atau internet. Oleh karena itu jangan pernah memberikan informasi sensitif mengenai akun bank Anda kepada orang lain.

Tips untuk menghindari Social Engineering :

  • Selalu waspada pada saat berinteraksi di dunia nyata ataupun di dunia maya, apalagi jika berkaitan dengan informasi dimana Anda bekerja
  • Jangan memberikan informasi sensitif mengenai pribadi ataupun tempat bekerja pada saat berinteraksi di dunia nyata ataupun dunia maya.

Virus adalah program komputer yang dibuat dan memiliki kemampuan untuk dapat merusak sistem operasi perangkat Anda, aplikasi, ataupun data yang ada pada perangkat tersebut.

Ciri-ciri komputer yang terkena virus :

  • Komputer tidak stabil/sering hang
  • Kinerja komputer terasa lambat
  • Terdapat file aneh didalah media penyimpanan komputer/perangkat yang kita gunakan.


Tips menghindari perangkat terkena virus :

  • Install anti-virus.
  • Update anti virus secara berkala
  • Jangan install program dari sumber yang tidak dipercaya
  • Selalu scan flashdisk atau media yang dikoneksikan ke perangkat Anda

Keylogger adalah program komputer yang dapat menyimpan apa yang Anda ketik di perangkat yang Anda gunakan.

Tips untuk menghindari dari Keylogger :

  • Selalu gunakan perangkat yang biasa Anda pakai untuk bertransaksi dan pastikan tidak ada aplikasi yang tidak Anda install.
  • Jangan menggunakan komputer/perangkat yang dipakai bersama untuk melakukan transaksi.

Informasi Lebih Lanjut

Hubungi Relationship Manager Anda

Hubungi (021) 2350 6006 (pukul 09:00-18:00 WIB, Senin sampai Jumat kecuali hari libur nasional)