Layanan Impor

UOB menawarkan berbagai layanan impor yang menyediakan fleksibilitas dan likuiditas bagi bisnis Anda. Layanan Impor kami di antaranya :

Gambaran Umum

Letter of Credit (LC) adalah suatu janji tertulis yang diterbitkan oleh Bank untuk kepentingan penjual (penerima) atas permohonan dan sesuai dengan instruksi dari pembeli (pemohon), untuk melakukan pembayaran sampai dengan nilai dalam batas waktu yang telah ditentukan dan atas presentasi dokumen yang telah ditentukan.

Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) adalah setiap janji tertulis berdasarkan permintaan tertulis pemohon (applicant) yang mengikat issuing bank untuk:

  • Melakukan pembayaran kepada pihak Penerima (Beneficiary) atau sesuai instruksinya (orang yang ditunjuk sebagai pihak ketiga) atau mengaksep dan membayar wesel yang ditarik oleh pihak Penerima, atau
  • Memberi kuasa kepada bank lain untuk melakukan pembayaran kepada Penerima atau sesuai instruksinya, atau mengaksep dan membayar wesel-wesel yang ditarik oleh Penerima, atau
  • Memberi kuasa kepada bank lain untuk menegosiasikan wesel yang ditarik oleh Penerima atas penyerahan dokumen, sepanjang seluruh persyaratan dan kondisi dalam SKBDN dipenuhi.

Manfaat

Bagi Applicant : hanya membayar jika dokumen yang dipresentasikan sesuai (comply with).

Bagi Beneficiary :

  1. Tidak bergantung pada applicant untuk pembayaran.
  2. Akan dibayar oleh bank penerbit jika dapat mempresentasikan dokumen yang sesuai (comply with)

Risiko Produk

  • Risiko kredit, berasal dari ketidakmampuan pihak pemohon LC untuk memenuhi kewajibannya karena kegagalan bisinis.
  • Risiko pasar, pergerakan mata uang dapat berakibat pada meningkatnya kewajiban dari sisi nasabah dan pada adanya resiko yang lebih tinggi bagi bank.
  • Risiko operasional :
    1. LC diterbitkan atau dirubah tanpa limit yang cukup dan tidak didukung oleh dokumentasi yang memadai atau diluar persyaratan limit nasabah.
    2. LC diterbitkan dengan persyaratan yang tidak konsisten atau dengan persyaratan yang berbeda dari aplikasi.
    3. Kewajiban nasabah tidak dicatat dalam sistem akuntansi atau jurnal penyelesaian yang tidak benar setelah pembayaran atau akseptasi dilakukan

Persyaratan

Mengisi aplikasi penerbitan / perubahan Letter of Credit (LC) dan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), menyerahkan copy Angka Pengenal Impor (API) untuk penerbitan Letter of Credit (LC).

Jangka Waktu Berlakunya Produk

Berlaku terus sampai ada pencabutan dari pihak Bank.

Gambaran Umum

Trust Receipt (TR) adalah pembiayaan perdagangan jangka pendek yang memungkinkan importir dapat mengambil barang yang digunakan untuk proses produksi, menjualnya dan kemudian melunasi hutangnya kepada Bank pada saat atau sebelum jatuh tempo kredit.

Manfaat

Importir dapat mengambil barang yang digunakan untuk proses produksi, menjualnya dan kemudian melunasi hutangnya kepada BANK pada saat atau sebelum jatuh tempo kredit.

Risiko Produk

  • Risiko kredit, ketidakmampuan pihak pemohon L/C atau pihak tertarik LC untuk memenuhi kewajibannya akibat kegagalan usahanya.
  • Risiko pasar : adanya perbedaan mata uang kredit dengan mata uang hasil penjualan.
  • Risiko operasional :
    1. Kegagalan untuk mengkonfirmasi keabsahan dari dokumen Trust Receipt dan Surat Sanggup /Promissory Notes, jika ada.
    2. Kegagalan untuk memeriksa bahwa dokumen Trust Receipt dan/atau Surat Sanggup (Promissory Notes) telah ditandatangani sebagaimana mestinya.

Persyaratan

Surat Jaminan/Trust Receipt bersama dengan Surat Sanggup (Promissory Notes)

Jangka Waktu Berlakunya Produk

Berlaku terus sampai ada pencabutan dari pihak Bank.

Gambaran Umum

Clean Trust Receipt (CTR) adalah pembiayaan perdagangan jangka pendek yang memungkinkan pihak pembeli/importir atau penjual/eksportir yang melakukan transaksi perdagangan atas dasar kredit (OA) atau pembayaran di muka (AP) untuk mendapatkan pembiayaan pra-pengiriman, dengan menggunakan surat pemesanan (PO), atau pembiayaan paska pengiriman dengan menggunakan tagihan komersial untuk pengadaan bahan baku atau perolehan barang.  Transaksi tersebut dapat bersifat domestik ataupun antar negara.

Manfaat

Importir dapat memperoleh pembiayaan pra-pengiriman, dengan menggunakan surat pemesanan (PO), atau pembiayaan paska pengiriman dengan menggunakan tagihan komersial untuk pengadaan bahan baku atau perolehan barang.

Risiko Produk

  • Risiko kredit, ketidakmampuan nasabah untuk membayar kewajiban jangka pendeknya.
  • Risiko operasional : berhubungan dengan dokumentasi dan pemantauan transaksi terkait keaslian underlying transaksi dan kesesuaian dengan pola perdagangan nasabah yang sudah ada sebelumnya (nilai, jenis barang, jangka waktu, dsb).

Persyaratan

  • Untuk mendukung permohonan Clean TR berdasarkan PO, nasabah harus menyerahkan ke Bank copy asli/certified true copy dari PO kepada penjual termasuk penyediaan dana sebagai bagian dari pembiayaan sendiri nasabah di rekening nasabah di bank.
  • Untuk mendukung permohonan Clean TR berdasarkan tagihan komersial, nasabah harus menyertakan asli/true copy dari tagihan penjual yang ditujukan kepada debitur bersama dengan copy asli dari bills of loading atau dokumen transportasi terkait

Jangka Waktu Berlakunya Produk

Berlaku terus sampai ada pencabutan dari pihak Bank.

Gambaran Umum

Inward Documentary Collection adalah salah satu jasa Bank untuk menangani penagihan dokumen masuk.

Manfaat

Importir dapat mengambil dokumen masuk dari Collecting/Presenting Bank setelah menyelesaikan kewajibannya sesuai dengan instruksi dari collection yang masuk.

Risiko Produk

Resiko operasional :

  1. Kegagalan BANK untuk sepenuhnya mematuhi instruksi dari Remitting Bank terkait dengan penanganan collection, terutama dalam penyerahan dokumen sebelum adanya pembayaran atau akseptasi.
  2. Kegagalan memberitahu Remitting Bank perihal tidak dibayarnya atau tidak diaksepnya tagihan.
  3. Kegagalan untuk menangani secara cepat terkait  penyelesaian tagihan jatuh tempo seperti yang diinstruksikan oleh Remitting Bank.

Persyaratan

Tidak ada dokumentasi resmi yang diperlukan dalam penanganan transaksi ini.

Jangka Waktu Berlakunya Produk

Berlaku terus sampai ada pencabutan dari pihak Bank.

Gambaran Umum

Shipping Guarantee adalah jaminan yang diterbitkan oleh bank agar pihak pemohon dapat melakukan penyelesaian dokumen dengan perusahaan pelayaran dalam kondisi dimana dokumen asli Bill of Lading belum diterima oleh pihak Bank sementara barang telah sampai di pelabuhan tujuan.  Dokumen pengapalan dimaksud dapat masih berada dalam perjalanan ataupun hilang dalam perjalanan.

Manfaat

Importir dapat melakukan penyelesaian dokumen dengan perusahaan pelayaran dalam kondisi dimana dokumen asli Bill of Lading belum diterima oleh pihak Bank sementara barang telah sampai di pelabuhan tujuan.

Risiko Produk

  • Risiko kredit, ketidakmampuan nasabah untuk membayar dalam kasus kebangkrutan nasabah dalam hal terjadinya klaim.
  • Resiko operasional : Shipping Guarantee yang belum dikembalikan akan menyebabkan kewajiban bank yang terus menerus selama beberapa tahun dimulai dari tanggal penerbitan meskipun dokumen impor L/C dimaksud telah datang dan diakseptasi oleh pemohon.

Persyaratan

Tidak ada dokumentasi resmi yang diperlukan dalam penanganan transaksi ini.

Jangka Waktu Berlakunya Produk

Berlaku terus sampai ada pencabutan dari pihak Bank.

Informasi lebih lanjut

Hubungi Relationship Manager Anda

Hubungi (021) 2350 6006 (pukul 09:00-18:00 WIB, Senin sampai Jumat kecuali hari libur nasional)