Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Wee Cho Yaw
  Dr Wee, berusia 82 tahun, telah menjabat sebagai Komisaris Utama UOB Buana sejak Desember 2005. Beliau juga menjabat sebagai Chairman dan Chief Executive Officer (“CEO”) UOB sejak tahun 1974. Beliau mengundurkan diri dari posisi CEO pada tanggal 27 April 2007. Beliau diangkat menjadi anggota Dewan di UOB pada tanggal 14 Mei 1958 dan terakhir diangkat kembali sebagai Direktur pada tanggal 30 April 2010. Beliau juga menjabat sebagai Chairman dari Komite Eksekutif dan Komite Remunerasi, sekaligus sebagai anggota dari Komite Nominasi UOB.

Dr Wee juga menjabat sebagai Chairman dari beberapa anak perusahaan UOB yaitu, Far Eastern Bank, United Overseas Insurance, United Overseas Bank (Malaysia) dan United Overseas Bank (Thai) Public Company, serta Supervisor United Overseas Bank (China). Beliau juga menjabat sebagai Chairman dari United International Securities, Haw Par Corporation, UOL Group, Pan Pacific Hotel Group, United Industrial Corporation, Singapore Land dan anak perusahaannya, Marina Centre Holdings. Beliau juga menjabat sebagai Chairman dari Wee Foundation.

Dr Wee dianugerahi penghargaan Businessman of The Year oleh Singapore Business Awards pada tahun 2001 dan 1990. Pada tahun 2006, mendapat penghargaan Credit Suisse-Ernst & Young Lifetime Achievement Award atas prestasinya yang luar biasa dalam komunitas bisnis di Singapura. Pada tahun 2009, menerima penghargaan Lifetime Achievement Award dari The Asian Banker. Dr Wee menjabat sebagai Pro-Chancellor di Nanyang Technological University dan Ketua Kehormatan dari Singapore Chinese Chamber of Commerce & Industry, Singapore Federation of Chinese Clan Associations dan Singapore Hokkien Huay Kuan. Dr Wee mengenyam pendidikan menengah atas di Cina dan mendapat penganugerahan gelar Doktor Kehormatan di bidang Sastra dari National University of Singapore pada tahun 2008
Wakil Komisaris Utama : Wee Ee Cheong
 

Bapak Wee, berusia 58 tahun, diangkat sebagai Komisaris UOB Buana sejak Agustus 2007. Beliau bergabung dengan UOB pada tahun 1979. Diangkat menjadi anggota Dewan pada tanggal 3 Januari 1990 dan terpilih kembali sebagai Direktur pada tanggal 29 April 2009. Beliau menjabat sebagai Direktur Eksekutif sejak tahun 1990 dan merupakan anggota Komite Eksekutif dan Komite Manajemen Risiko UOB.

Bapak Wee menjabat sebagai Deputy Chairman dan Presiden UOB dari tahun 2000 hingga April 2007 dan diangkat sebagai Chief Executive Offi cer (“CEO”) pada tanggal 27 April 2007. Saat ini menjabat sebagai Deputy Chairman dan CEO.

Beliau menjabat sebagai Direktur pada beberapa anak perusahaan dan perusahaan afi liasi UOB, termasuk Far Eastern Bank, United Overseas Insurance, United Overseas Bank (Malaysia), United Overseas Bank (Thai) Public Company dan United International Securities. Beliau juga menjabat sebagai Chairman dari United Overseas Bank (China).

Saat ini, Bapak Wee menjabat sebagai Chairman dari Association of Banks di Singapura. Beliau juga menjabat sebagai Direktur dari The Institute of Banking & Finance dan mengepalai Financial Industry Competency Standards (“FICS”) Steering Committee. Menjadi anggota Dewan Gubernur pada Singapore-China Foundation, Visa International Senior Client Council, India-Singapore CEO Forum dan Dewan Penasihat dari INSEAD East Asia Council dan International Council. Beliau juga menjabat sebagai Dewan Kehormatan pada Singapore Chinese Chamber of Commerce & Industry. Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai Wakil Ketua dari Housing & Development Board dan Direktur dari Port of Singapore Authority, UOL Group serta Pan Pacific Hotel Group.

Beliau meraih gelar Bachelor of Science (Business Administration) dan Master of Arts (Applied Economics) dari The American University, Washington, DC.

Komisaris : Lee Chin Yong Francis
  Bapak Lee menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama UOB Buana sejak Desember 2005. Bergabung dengan UOB pada tahun 1980. Saat ini, beliau memimpin bisnis ritel untuk konsumer dan usaha kecil Grup UOB. Sebelum menduduki jabatannya di Singapura pada tahun 2003, beliau menjabat sebagai Chief Executive Offi cer (“CEO”) di UOB (Malaysia). Sejak tahun 2003 hingga 2008, beliau menjabat sebagai Head of International dan bertanggung jawab atas ekspansi usaha Grup pada kawasan regional. Ia juga bertanggung jawab atas bisnis perbankan konsumer di Singapura dan kawasan regional. Beliau memiliki Sertifikat Pendidikan dari Malaysia dan berpengalaman di industri keuangan selama lebih dari 31 tahun.
Komisaris Independen : Rusdy Daryono
  Bapak Rusdy bergabung dengan UOB Buana pada tahun 2006 dan saat ini menjabat sebagai Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit.

Beliau memulai karirnya di Kantor Akuntan Publik Drs. Utomo, Mulia & Co pada tahun 1973. Beliau bergabung dengan PT Salim Economic Development Corp pada tahun 1978, PT Hardy Trading pada tahun 1982 dan Kantor Akuntan Publik Drs. Mulia Iskandar & Co pada tahun 1983. Menjabat sebagai Partner dan Kepala Divisi di Kantor Akuntan Publik Prasetio, Utomo & Co pada tahun 1987 hingga 2002, dan Partner di Kantor Akuntan Publik Osman Ramli Satrio & Partner pada tahun 2003 hingga 2006.

Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia.
Komisaris Independen : Wayan Alit Antara
  Bapak Wayan bergabung dengan UOB Buana pada tahun 2009 dan saat ini menjabat sebagai Komisaris Independen dan Ketua Komite Pemantau Risiko.

Beliau memulai karirnya di bidang perbankan sejak tahun 1976 di Bank Rakyat Indonesia dengan posisi terakhir sebagai Wakil Presiden Direktur pada tahun 2006. Beliau juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bhakti Securities (sejak tahun 2007 hingga 2008) dan Komisaris PT Sumber Abadi Tirtasentosa (sejak tahun 2008 hingga sekarang).

Meraih gelar Sarjana Ekonomi Pertanian dari Fakultas Pertanian, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Komisaris Independen : Aswin Wirjadi
  Bapak Aswin bergabung dengan UOB Buana pada tahun 2009 dan saat ini menjabat sebagai Komisaris Independen serta Ketua Komite Remunerasi dan Nominasi.

Beliau memulai karirnya di PT IBM Indonesia pada tahun 1972. Bergabung dengan Chase Manhattan Bank, NA, pada tahun 1977 hingga 1989 dengan posisi terakhir sebagai Country Consumer and Private Banking Head, Cabang Jakarta. Menjabat sebagai Direktur MIS PT Indomobil Niaga International pada tahun 1989 dan bergabung dengan PT Bank Central Asia pada tahun 1990 hingga 2008 dengan jabatan terakhir sebagai Wakil Presiden Direktur. Beliau juga menjabat sebagai Chairman dari Financial Wealth Pte Ltd sejak tahun 2008.

Meraih gelar Sarjana Tehnik dari Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta.

 

 
 



Mediasi Perbankan

Ayo Menabung