3D Secure Transaksi online yang lebih aman dengan kartu kredit UOB Anda

3D Secure
Transaksi online yang lebih aman dengan kartu kredit UOB Anda

Apakah 3D Secure?

3D Secure (3 Domain Secure) merupakan metode pengamanan yang dirancang untuk mengotentikasi transaksi online menggunakan Kartu Kredit UOB di merchant e-commerce. 

Fitur :  

  • Dengan 3D Secure, UOB akan mengirimkan 6 digit acak Kode Otorisasi (OTP/One Time Password) melalui SMS ke nomor ponsel Anda yang terdaftar dalam sistem Bank. OTP akan dikirimkan sebelum nasabah melakukan transaksi online menggunakan Kartu Kredit UOB di semua merchant e-Commerce yang berlogo Verified by Visa atau MasterCard Secure Code.
  • OTP hanya dipakai satu kali untuk setiap transaksi online.

Yang Perlu Dilakukan :

Untuk terus menikmati belanja online di 3D Secure merchant dengan Kartu Kredit UOB Anda, pastikan nomor ponsel yang terdaftar di sistem Bank selalu terupdate. Info dan pengkinian data nomor ponsel bisa menghubungi UOB Call Center di 14008 atau di (021) 2355 9000

 

TANYA JAWAB :

1   Apakah yang dimaksud dengan 3D Secure?
  3D Secure adalah fitur baru dari Kartu Kredit UOB untuk meningkatkan keamanan transaksi online Anda. UOB akan mengirimkan OTP yang akan di kirim via SMS sebelum melakukan transaksi online menggunakan Kartu Kredit UOB di merchant e-Commerce yang berlogo Verfied by Visa atau MasterCard Secure Code.
   
2   Apa itu One Time Password (OTP)?
 

One Time Password (OTP) adalah password enam digit yang dihasilkan secara acak dan dikirimkan via SMS ke ponsel Anda, dan menyediakan metode yang lebih aman untuk otentikasi transaksi online sehingga Anda merasa nyaman dalam melakukan transaksi online.

Contoh menu untuk input OTP pada salah satu merchant online yang terdaftar Verified by Visa atau MasterCard Secure Code:

                   

   
3 Bagaimana cara mendapatkan OTP?
  OTP akan dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel Pemegang kartu utama dan tambahan yang terdaftar di dalam sistem kami. Oleh karena itu kami sarankan kepada Nasabah untuk selalu mendaftarkan nomor handphone yang terkini. Untuk memperbaharui nomor ponsel Anda (Pemegang kartu Utama maupun tambahan), hubungi UOB Call Centre 14008.
   
4 Bagaimana Jika pemegang kartu tambahan saya melakukan transaksi online di merchant 3D Secure, kemana Kode Otorisasi (OTP) akan dikirim?
  Bapak/Ibu, 6 digit Kode Otorisasi (OTP) akan dikirim ke nomor handphone pemegang kartu tambahan Bapak/Ibu yang terdaftar di sistem kami.
   
5 Jika saya tidak mendapatkan OTP, apakah saya tetap bisa melengkapi transaksi online saya?
  Jika merchant online Anda membutuhkan Kode Otorisasi, maka Anda harus memasukkan OTP yang diterima. Jika OTP tidak dimasukkan, maka merchant online tidak dapat menerima pembayaran menggunakan Kartu Kredit UOB Anda, sehingga Anda tidak dapat melengkapi transaksi online tersebut. Anda harus menghubungi UOB Call Centre untuk memastikan nomor ponsel yang terdaftar di UOB sudah benar, jika belum, Anda harus memperbaharui nomor ponsel Anda.
   
6 Berapa lama validitas periode untuk setiap OTP?
  OTP yang diterima melalui SMS berlaku selama 3 menit. Jika melampaui batas waktu ini maka akan kadaluarsa dan akan kembali ke menu awal. Atau pemegang kartu kredit juga dapat klik 'Get Another SMS-OTP' untuk mendapatkan OTP baru. Tetapi 'Get Another SMS-OTP' hanya dapat dilakukan maksimal sebanyak 4 kali.
   
7 Jika nomor ponsel yang terdaftar belum update, apakah saya bisa melakukan transaksi online ?
  Khusus Kartu Kredit UOB yang berlogo Visa, Anda diberikan kesempatan 1x melakukan transaksi online tanpa input OTP dengan cara klik button ‘Continue without SMS-OTP’, namun transaksi berikutnya akan membutuhkan OTP. Untuk itu segera hubungi UOB Call Center untuk update data nomor ponsel.
   
8 Apakah Kode Otorisasi yang digunakan untuk transaksi online 3D Secure sama dengan PIN 6 digit yang digunakan untuk transaksi ritel?
  Tidak, OTP yang digunakan untuk transaksi online 3D Secure hanya bisa digunakan 1 kali untuk 1 transaksi di situs online berlogo Verified by Visa atau MasterCard SecureCode. Sedangkan PIN 6 digit yang digunakan untuk transaksi ritel bisa digunakan berulang kali untuk semua transaksi di merchant offline dan penarikan dana tunai di ATM.
   
9 Apakah saya dapat menerima OTP jika berada di luar negeri?
  Ya, Anda tetap dapat menerima OTP jika nomor ponsel yang terdaftar di sistem kami adalah nomor ponsel GSM yang juga aktif di luar negeri. Pastikan fasilitas roaming dengan operator ponsel Anda.
   
10  Apa yang terjadi jika saya memasukkan Kode Otorisasi yang salah?
  Anda memiliki 3x kesempatan untuk memasukkan Kode Otorisasi. Jika kode Otorisasi diinput 3 kali salah, maka kartu kredit Anda akan terblokir dan tidak dapat digunakan untuk transaksi online. Pemegang Kartu Kredit harus menghubungi UOB Call Centre untuk mengaktifkan kembali kartu kreditnya.
   
11  Apa yang terjadi jika nomor ponsel terbaru saya belum terdaftar di sistem bank dan bagaimana cara memperbaharui nomor ponsel saya?
  Anda dapat menghubungi UOB Call Centre 14008 untuk memperbaharui nomor ponsel Anda.
   
12  Kapan saya bisa mendapatkan OTP jika saya telah memperbaharui nomor ponsel saya?
  Harap menunggu 5 hari kerja untuk pengaktifan nomor ponsel Anda di sistem kami dan siap menerima OTP.
   
13  Di merchant online mana saja 3D Secure dapat digunakan?
  3D Secure hanya dapat digunakan di merchant online yang mempunyai logo Verified by Visa atau MasterCard Secure Code.