Jangan Tunda Memiliki PIN Kartu Kredit

1. Apa yang dimaksud dengan PIN?

PIN (Personal Identification Number) atau Nomor Identifikasi Pribadi  adalah 6 digit angka yang merupakan kode rahasia untuk sarana verifikasi dan autentikasi dalam melakukan transaksi pembelanjaan dan tarik tunai. Sejalan dengan Surat Edaran Bank Indonesia No. 16/25/DKSP tanggal 31 Desember 2014, per tanggal 1 Juli 2020, PIN wajib digunakan untuk semua transaksi pembelanjaan di merchant di Indonesia sebagai sarana verifikasi dan autentikasi.

2. Apa kegunaan PIN dalam transaksi?

PIN  pada kartu kredit merupakan pengganti tanda tangan untuk verifikasi dan autentikasi dalam sebuah transaksi di suatu merchant. Penggunaan PIN pada Kartu Kredit menjadi lebih aman dari tanda tangan karena PIN hanya diketahui oleh pemiliknya saja. Oleh karena sifatnya rahasia, PIN tidak dapat diberikan kepada pihak lain, termasuk kepada pihak Bank dan keluarga.

3. Kapan saya harus menggunakan PIN?

Per tanggal 1 Juli 2020, PIN 6 digit wajib digunakan untuk semua transaksi pembelanjaan dengan menggunakan Kartu Kredit UOB di merchant di Indonesia. Saat ini, UOB telah mulai menerapkan penggunaan Kartu Kredit dengan teknologi PIN  secara bertahap.

4. Bagaimana jika saya bertransaksi di luar negeri, apa harus menggunakan PIN?

PIN 6 akan tetap digunakan untuk penarikan tunai di semua ATM (dalam / luar negeri) sedangkan untuk transaksi pembelanjaan pada merchant di luar negeri, masih bisa menggunakan tanda tangan, kecuali jika diminta untuk memasukkan PIN 6-digit, hal  ini tergantung kebijakan yang berlaku pada masing-masing negara yang dituju.

5. Jadi saya wajib untuk mengganti PIN baru, kapan harus dilakukan?

Bagi anda yang belum menggunakan PIN anda wajib memperbarui PIN anda menjadi PIN 6-digit se lambat-lambatnya sampai tanggal 30 Juni 2020

6. Apa itu mesin EDC?

Mesin EDC atau Electronic Data Capture adalah sebuah alat elektronik yang digunakan sebagai sarana pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan/atau kartu debet. Mesin EDC banyak kita jumpai di loket pembayaran atau kasir yang disediakan oleh merchant-merchant seperti supermarket, department store, hotel, mall/toko, dan merchant lainnya.

7. Bagaimana saya mendapatkan PIN?

Anda dapat memperoleh PIN Anda dengan menghubungi UOB Call Center di 14008 atau (021) 2355 9000.

Terdapat dua cara untuk mengganti PIN yaitu:

  • Permintaan atau perubahan PIN melalui IVR (Interaktif via Telepon)
    • Hubungi UOB Call Center di 14008 atau (021) 2355 9000
    • Pilihan menu bahasa Indonesia atau Inggris
    • Tekan 4(empat) untuk menu aktifasi kartu kredit dan permintaan atau perubahaan PIN kartu kredit
    • Tekan 2(dua) untuk permintaan atau perubahan PIN kartu kredit
    • Data Anda akan diverifikasi dan akan dikirimkan SMS OTP (One Time Password) proses permintaan atau perubahan PIN kartu kredit
    • Masukkan PIN 6-digit yang baru
    • SMS konfirmasi akan dikirimkan setelah perubahaan PIN berhasil

 

  • Permintaan atau perubahaan PIN melalui UOB Contact Center Officer
    • Hubungi UOB Call Center di 14008 atau (021) 2355 9000
    • Pilihan menu bahasa Indonesia atau Inggris
    • Tekan 4(empat) untuk menu aktifasi kartu kredit dan permintaan atau perubahaan PIN kartu kredit
    • Anda dapat memilih terhubung dengan UOB Contact center officer kami untuk permintaan atau perubahan PIN kartu kredit

8. Saat perubahan PIN, saya tidak menerima SMS OTP (One Time Password), bagaimana untuk mendapatkannya?

Anda akan langsung terhubung oleh UOB contact center officer kami jika tidak menerima SMS OTP (One Time Password).

9. Jika saya baru menerima kartu kredit, bagaimana mendapatkan PIN?

Untuk nasabah yang baru saja menerima kartu kredit, wajib untuk mengaktifkan kartu kredit dan PIN melalui UOB call center kami di 14008 atau (021) 2355 9000.

10. Jika saya pemegang kartu tambahan, bagaimana saya mendapatkan PIN?

Pemegang Kartu Tambahan dapat memperoleh PIN dengan menghubungi UOB Call Center di 14008 atau (021) 2355 9000.

11. Apakah saya akan menerima PIN dalam betuk fisik (PIN Mailer)?

Bapak/Ibu tidak akan menerima PIN dalam bentuk fisik, karena aktivasi PIN dilakukan melalui Call Center.

12. Apakah saat saya merubah PIN, apakah PIN saya bisa segera digunakan?

Ya, PIN Bapak/Ibu dapat segera digunakan.

13. Apakah ada batas maksimum saya dapat merubah PIN Kartu kredit saya?

Tidak ada.

14. Apa yang terjadi jika saya salah memasukan PIN saat sedang berbelanja atau sedang tarik tunai?

Apabila Bapak/Ibu melakukan kesalahan input PIN sebanyak 3x maka PIN bapak/ibu akan terblokir. Tidak perlu khawatir, PIN bapak/ibu dapat diubah/di reset kembali melalui UOB Call Center di 14008.

15. Apakah saya bisa mengganti PIN melalui ATM?

Ya, Bapak/Ibu bisa mengganti PIN di ATM Bank UOB.

  

PT Bank UOB Indonesia adalah lembaga keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.