Pengalaman pelanggan

Pengalaman nasabah

Sebagai Lembaga Jasa Keuangan di sektor perbankan UOBI berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi seluruh nasabahnya secara inklusif. Kami berusaha keras untuk memahami kebutuhan dan ekspektasi nasabah dengan menyediakan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam bertransaksi.

Pengalaman dan Kepuasan Nasabah

Nasabah kami adalah inti dari bisnis kami. Dengan melibatkan diri dan mendengarkan kebutuhan mereka secara aktif, kami dapat melayani mereka dengan lebih baik dan menciptakan hubungan yang langgeng.

 

Meninjau Efektivitas Kebijakan dan Kinerja

 

Dalam fokus untuk memberikan yang terbaik bagi nasabah, kami bertindak demi kepentingan mereka dan memberi solusi serta layanan yang tepat melalui pendekatan omni-channel kami. Budaya dan nilai kami, yaitu Honourable, Enterprising, United, dan Committed telah menjadi panduan dalam pelayanan kami terhadap nasabah.

Selain menerapkan budaya dan nilai-nilai tersebut, UOBI Customer Commitments Awards Ceremony diadakan setiap tahun untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang telah memimpin dan menjadi panutan dalam memenuhi komitmen kepada nasabah. Hal ini dilakukan untuk memastikan karyawan UOBI terus memberikan layanan terbaik kepada nasabah. Pada tahun 2023, kami telah memberikan penghargaan kepada dua pemenang di kategori individu dan tiga pemenang di kategori kelompok.

Meningkatkan Kepuasan dan Advokasi Nasabah

Penilaian dan evaluasi kepuasan nasabah menjadi penting untuk meningkatkan pelayanan dan pertumbuhan bisnis kami di masa yang akan datang. Kami selalu berusaha untuk mendapatkan penilaian yang objektif dari nasabah yaitu dengan menggunakan metode survey Net Promoter Score (NPS) yang sampai dengan saat ini masih menjadi salah satu tolak ukur kepuasan dan loyalitas yang diakui oleh dunia. Survey Net Promoter Score (NPS) kami gunakan di seluruh lini bisnis dan produk kami. NPS merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk melihat sejauh mana seorang nasabah dalam merekomendasikan merek, produk atau layanan suatu perusahaan kepada orang lain.

Pada tahun 2023, UOBI melakukan survei dengan metodologi NPS untuk Consumer Banking yang dilakukan oleh Bain and Company dengan hasil NPS di atas rata- rata industri sedangkan untuk Wholesale Banking dilakukan oleh Greenwich.

Kami sering berinteraksi dengan nasabah melalui pesan teks dan panggilan telepon, khususnya dalam berinteraksi dengan nasabah melalui salah satu dari tujuh touch points, yaitu:

  • aplikasi kartu kredit dan aplikasi pinjaman perumahan
  • Privilege Banking On-boarding, pembukaan rekening mass market, pembukaan rekening Business Banking
  • layanan contact centre penukaran hadiah kartu kredit
  • wealth banking on-boarding
  • Personal Financial Services - investasi dan Asuransi
  • Business Banking - investasi dan asuransi
  • penyelesaian masalah

Selain itu untuk meningkatkan kualitas layanan, kami juga melakukan survey dan benchmarking untuk meninjau kinerja serta layanan kami dibandingkan dengan layanan terbaik di dalam industri perbankan, serta mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan

Service huddle di cabang dan kantor pusat serta survey internal NPS kami lakukan untuk meningkatkan kualitas layanan nasabah.

Melalui service huddle, kami mendorong kolega dari semua lini bisnis untuk memberikan gagasan yang dapat meningkatkan pengalaman nasabah kami. Survei benchmark memberikan informasi yang memungkinkan kami untuk mempercepat dan menyederhanakan proses pembukaan rekening. Semua petugas keamanan di cabang kami juga telah mendapatkan pelatihan untuk mengarahkan nasabah kepada perwakilan cabang yang tepat.