PRIVACY & SECURITY

Pemberitahuan Privasi UOB (Perusahaan)

Jika anda mempunyai pertanyaan mengenai data pribadi anda data pribadi (termasuk pemintaan akses atau pembenaran) anda dapat mingirimkan surel ke Data Protection Officer kami. Untuk bantuan mengenai permasalahan log-in/ATM atau jika anda tidak lagi ingin menerima pesan-pesan telemarketing, mohon hubungi UOB Customer Service. 

Alamat surel: uobcare@uob.co.id

PT Bank UOB Indonesia (UOB ) berkomitmen untuk menjaga Praktik Privasi terbaik untuk menciptakan, sebisa mungkin, lingkungan Internet banking yang aman bagi nasabah kami. Kami berharap nasabah kami juga menjalankan praktik terbaik yang mereka dapat lakukan.

 

Praktik terbaik kami meliputi:

 

  1. Pengumpulan Informasi Nasabah

Kami tidak akan membuat permintaan yang tidak diminta atas informasi nasabah melalui surel atau telepon, kecuali jika nasabah yang mengawali menghubungi kami. Kami akan menggunakan setiap informasi yang dikumpulkan seminimal mungkin, yang utamanya untuk membantu kami menyesuaikan dan memberikan layanan dan produk yang menarik bagi nasabah kami. Dalam keadaan apa pun, kami tidak akan meminta nasabah kami untuk memberikan Personal Identification Numbers (PIN) atau Kata Sandinya.

  1. Penanganan Informasi Nasabah

Kami telah membuat standar kerahasiaan yang ketat untuk perlindungan informasi mengenai nasabah kami.

  1. Pengungkapan Informasi Nasabah

Kecuali jika kami mendapatkan persetujuan nasabah atau diharuskan hukum, kami tidak akan mengungkapkan informasi nasabah kepada pihak-pihak eksternal.

  1. Kepatuhan oleh Pihak-pihak Eksternal

Pihak-pihak eksternal yang, selama penyediaan layanan pendukung kepada kami, dapat berhadapan dengan informasi nasabah, diharuskan untuk mematuhi standar privasi kami.

Kami memahami kekhawatiran nasabah ketika nasabah bertransaksi melalui Internet. Oleh karena itu, kami telah membangun sistem keamanan untuk online banking yang melindungi kerahasiaan informasi rekening nasabah kami dan transaksi perbankannya.

 

Kami menerapkan beberapa metode untuk melindungi rekening nasabah dan informasi pribadinya:

 

  1. Firewall

Kami mempunyai beberapa tingkat firewall diberlakukan antara sistem komputer internal kami dan Internet.

 

  1. Enkripsi

Enkripsi yang kuat melindungi informasi nasabah ketika melewati Internet. Kami menggunakan untuk melindungi kerahasiaan rincian rekening nasabah dan data transaksi. Enkripsi 128-bit SSL ini adalah protokol keamanan yang komersial tersedia untuk meng-enkripsi atau mengacak data yang dikirimkan melalui Internet. Saat ini, enkripsi ini juga dikenali secara internasional sebagai standar tertinggi dalam teknologi enkripsi yang tersedia secara komersial tersedia dan secara umum diterapkan oleh bank-bank dan lembaga keuangan di seluruh dunia.

 

  1. Username dan Kata Sandi

Hanya Username dan Kata Sandi anda yang sah yang mengidentifikasi anda secara khusus, yang akan membuat anda bisa log-in ke situs(-situs) web kami. Hal ini memastikan pesan-pesan dari pengguna yang sah saja yang diizinkan masuk ke situs-(situs)kami yang aman.

 

  1. Perangkat Teknologi

UOB dapat, dari waktu ke waktu, mengeluarkan Perangkat dan atau menciptakan prosedur keamanan yang anda mungkin perlu laksanakan untuk menggunakan layanan Internet Banking UOB tertentu terkait Perangkat.

 

Anda dapat menggunakan Perangkat (baik bersama dengan Username dan atau Kata Sandi atau tidak):

  • Untuk memulai, menjalankan, melaksanakan dan atau mengirimkan instruksi atau komunikasi apa pun kepada UOB;
  • Untuk memperoleh atau menggunakan layanan yang dapat ditawarkan atau disediakan oleh UOB melalui Situs Web atau layanan Internet Banking UOB;
  • Untuk mengakses dan memperoleh informasi yang dapat diizinkan oleh UOB (baik yang terkait dengan Rekening(-Rekening), layanan anda atau yang lain); dan
  • Untuk menjalankan transaksi dengan UOB yang dapat disediakan oleh UOB, tunduk pada ketentuan-ketentuan Perjanjian ini dan pada pembatasan-pembatasan, syarat dan ketentuan UOB lainnya yang kemudian berlaku.

 

  1. Log Out Otomatis

Sebagai tindakan keamanan tambahan, sistem kami dapat mengeluarkan (log-out) dari sesi Internet banking anda setelah periode ketidakaktifan.

 

Kami berkomitmen untuk mengawasi sistem keamanan Internet kami secara terus-menerus terhadap potensi situasi yang dapat mengurangi keamanan atau privasi nasabah kami dan untuk mengeksplorasi teknologi baru untuk terus meningkatkan sistem keamanan Internet kami.

 

Peran Anda Dalam Melindungi Data Pribadi Anda dan Informasi Rekening Anda

 

Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan Kata Sandi daring anda. Gagalnya menjaga kerahasiaan tersebut akan membuat anda terpapar risiko fraud dan kerugian. UOB tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh nasabah-nasabah sebagai akibat dari:

 

  • kesalahan input atau penyalahgunaan layanan Internet banking;
  • keabaian dalam penanganan atau pemberian Kata Sandi;
  • meninggalkan komputer tanpa pengawasan selama sesi daring;
  • kegagalan untuk segera melaporkan insiden yang diketahui mengenai akses rekening yang tidak sah.

 

INFORMASI LEBIH LANJUT MENGENAI BATASAN TANGGUNG JAWAB KAMI KEPADA ANDA DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INTERNET BANKING DAPAT DITEMUKAN DI SYARAT DAN KETENTUAN BERIKUT: 

  • Business Internet Banking

Kami sangat merekomendasikan supaya anda mematuhi praktik privasi dan keamanan terbaik setiap saat:

 

  1. Mengelola Username dan Kata Sandi
  • Username dan Kata Sandi anda mengidentifikasi anda ketika anda menggunakan layanan Internet banking Jika menjadi tidak valid atau tidak lagi berlaku, anda perlu memberitahu kami dengan menelepon hotline secara langsung untuk masing-masing layanan.
  • Memastikan bahwa tidak ada yang dapat melihat Kata Sandi anda ketika anda log-in ke sistem kami.
  • Memastikan bahwa anda menjaga kerahasiaan Kata Sandi anda setiap saat dan tidak memberikannya kepada siapa pun.
  • Tidak mengizinkan siapa pun (tanpa terkecuali) untuk menggunakan Username dan Kata Sandi anda, karena anda bertanggung jawab untuk semua transaksi dilaksanakan dengan Username dan Kata Sandi anda.
  • Tidak menjadikan Username atau informasi pribadi seperti, nomor telepon, tanggal lahir atau yang serupa sebagai dasar untuk Kata Sandi anda.
  • Menghafal Kata Sandi anda dan tidak mencatatnya di manapun juga.
  • Mengubah Kata Sandi anda secara rutin.
  • Tidak menggunakan karakter yang sama lebih dari dua kali untuk Kata Sandi anda.
  • Tidak menggunakan kembali Kata Sandi anda yang baru saja telah dipakai.
  • Mengubah Kata Sandi anda SEGERA jika anda mencurigai ada individu yang mengetahui.
  • Kata Sandi yang sama tidak boleh digunakan untuk situs web, aplikasi atau layanan yang berbeda khususnya ketika terkait dengan entitas yang berbeda.
  • Tidak memilih opsi pada peramban anda untuk menyimpan atau menahan username dan Kata Sandi anda.

 

Catatan: Tidak ada anggota karyawan UOB yang perlu meminta anda memberikan Kata Sandi anda karena alasan apapun.

 

  1. Penggunaan Perangkat Teknologi
  • Tidak mengizinkaan siapapun (tanpa terkecuali) untuk menjaga, menggunakan atau merusak Perangkat Teknologi anda, karena anda bertanggung jawab untuk semua transaksi yang dilakukan
  • Tidak memberikan One-Time Password / OTP yang dihasilkan oleh Perangkat Teknologi anda kepada siapapun
  • Tidak memberikan nomor seri dari Peralatan Token-OTP anda
  • Memberi tahu Bank jika Perangkat Teknologi anda hilang atau gagal berfungsi sebagaimana seharusnya.
  • Memastikan bahwa Perangkat disimpan secara aman

 

  1. Melakukan Tindakan Pencegahan terhadap diketahuinya penekanan tombol kata sandi anda

Melaksanakan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi komputer pribadi anda terhadap virus dan program bahaya lainnya. Selain merusak dan atau menghapus data, virus dan program bahaya dapat mengetahui penekanan tombol untuk Kata Sandi anda dan informasi pribadi lainnya dan mengirimkannya ke individu lainnya tanpa persetujuan anda.

 

Tindakan pencegahan yang anda dapat ambil meliputi:

  • Memastikan bahwa anda menginstal firewall pribadi yang aktif termasuk perangkat lunak anti-virus, anti-spyware dan anti-Trojan horse. Firewall dan perangkat lunak tersebut perlu dimutkahirkan secara rutin.
  • Jangan mengunduh perangkat lunak dari situs web dengan asal yang meragukan.
  • Jangan membuka surel atau lampiran dari sumber yang tidak anda ketahui. Ketika anda ragu, hapus email tersebut tanpa membukanya.

 

  1. Log-In Langsung

Jika anda ingin mengakses situs web milik UOB atau anak perusahaan atau rekanannya, selalu secara sendiri dan secara langsung memasuki alamat situs web yang terkait di dalam bilah alamat dalam peramban. Jangan log-in melalui hyperlink di dalam surel.

 

Daftar alamat situs web yang terkait ditentukan di bawah ini untuk referensi anda. Jika anda menemui surel mencurigakan atau situs web yang fraudulent Nampak seperti situs web UOB atau perusahaan afiliasi atau rekanannya, mohon beri tahu kami segera atau kirim surel kepada kami.

   

  1. Jangan Lupa Log-Out

Jangan Lupa log-out dari sesi Internet banking anda ketika anda telah menyelesaikan transaksi Internet banking anda atau ketika anda perlu meninggalkan komputer anda meskipun hanya sebentar. Jangan meninggalkan komputer anda  tanpa pengawasan ketika transaksi Internet banking diproses.

 

Situs UOB Group

URL

 UOB Group

 https://www.uobgroup.com/

 UOB Indonesia

 https://www.uob.co.id/

 UOB Singapore

 https://www.uob.com.sg/

 UOB Hong Kong

 https://www.uob.com.hk/

 UOB Taipei

 https://www.uob.com.tw/

 UOB Malaysia

 https://www.uob.com.my/

 UOB Thailand

 https://www.uob.co.th/

 UOB Asset Management

 http://www.uobam.com.sg/

 UOB Asset Management (Taiwan)

 https://www.uobam.com.tw

 United Overseas Insurance

 https://www.uoi.com.sg/

 UOB Travel

 https://www.uobtravel.com/

 UOB-Kay Hian

 https://www.uob.kayhian.com/

 UOB Venture Management

 https://www.uobvm.com.sg/

Ketika anda menggunakan situs web kami, kami secara otomatis dapat mengumpulkan data dari anda menggunakan cookie (kuki) atau alat teknologi yang serupa. Cookie merupakan file kecil yang server web kami dapat simpan di perangkat anda. Hal ini memungkinkan situs web kami untuk secara otomatis mengenali dan mengingat anda. Anda dapat menemukan kebijakan cookie kami di sini.

 

File bawaan di komputer, umumnya diketahui sebagai file 'cache', dapat menyimpan gambar data yang dikirimkan atau diterima dari internet, menjadinnya target berpotensi untuk penyusup sistem. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan anda menghapus  cache disk dalam peramban anda setelah setiap sesi internet banking.

 

Untuk Firefox

 

  • Buka Firefox.
  • Klik tombol menu dan pilih “Options”.
  • Pilih panel “Advanced”.
  • Klik tab “Network”.
  • Di dalam bagian Cached Web Content, klik “Clear Now”.
  • Tutup laman about:preferences. Setiap perubahan yang anda buat otomatis akan disimpan.

 

Untuk Chrome

 

  • Buka Chrome.
  • Pada bilah alat peramban anda, klik menu Chrome.
  • Klik Alat Lain > Hapus data peramban.
  • di dalam kotak yang muncul, klik kotak dengan tanda centang untuk "Cookies dan other site dan plug-in data" dan "Cached images dan files."
  • Gunakan menu di bagian atas untuk memilih jumlah data yang anda ingin hapus. Pilih sejak awal waktu untuk menghapus semuanya
  • Klik Hapus data peramban.

 

Internet Explorer

 

  • Pilih 'Tools' dari bilah Menu.
  • Pilih 'Internet Options'.
  • Pilih tab 'General'.
  • Klik tombol 'Delete' dan pilih hanya Temporary Internet Files dan file situs web di Kotak Dialog 'Delete Browsing History' dan Klik tombol 'Delete'.
  • Klik 'OK' untuk keluar dari Kotak Dialog 'Internet Options’.

 

Hindari Saling Menggunakan Komputer Pribadi

 

Hindari menggunakan Komputer Pribadi yang digunakan bersama atau komputer pribadi publik yang ada di warung internet untuk menjalankan transaksi internet banking. Jika terdapat keharusan untuk melakukannya, selalu pastikan bahwa komputer pribadi bebas dari virus dan pastikan hapus cache peramban browser setelah transaksi selesai.

 

Perbarui Peramban Anda

 

Anda harus memperbarui (update) peramban dan perangkat lunak aplikasi anda untuk mendukung enkripsi 128-bit SSL atau standar enkripsi yang lebih tinggi.

 

Verifikasi Keaslian Situs(-situs) Web Internet Banking UOB/Transaksi

 

Kami memberikan ikon Secure Zone (diwakilkan simbol 'gembok') di dalam situs(-situs) web internet banking UOB/Transaksi untuk anda verifikasi keasliannya.

 

Untuk memverifikasi keaslian situs(-situs) web internet banking UOB/Transaksi), cari ikon Secure Zone pada situs web, klik ikon tersebut, dan pastikan bahwa uob.co.id muncul sebagai bagian dari digital certification.

 

Terdapat dua acara bagi anda dapat memverifikasi bahwa anda log-in ke laman web yang aman:

 

  1. Periksa bahwa alamat situs web internet banking UOB/Transaksi berubah dari http:// ke https:// dan bahwa ikon keamanan (diwakilkan simbol kunci atau anak kunci) muncul di bilah status di bawah di alam peramban. Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa situs web yang anda telah masuki menggunakan teknologi enkripsi. Anda dapat klik dua kali ikon keamanan untuk melihat informasi terkait sertifikat keamanan untuk situs web.
  2. Tergantung peramban yang anda gunakan, anda juga dapat memverifikasi bahwa anda ada di situs web yang aman dengan melakukan hal sebagai berikut:

 

Untuk Internet Explorer

Arahkan mouse ke laman web dan klik kanan mouse. Gulirkan ke 'Properties' dan klik mouse. Pastikan bahwa informasi berikut ini muncul di kotak dialog 'Properties' yang muncul di layar:

Protokol: Hyper Text Transfer Protocol with Privacy

Koneksi: SSL 3.0, RC4 with 128 bit encryption (High); RSA with 1024 Bit Exchange

Alamat (URL): URL harus diawali dengan 'https://'

Anda dapat mengklik tombol 'Certificates' di kotak dialog untuk melihat informasi terkait sertifikat keamanan untuk laman web.

 

Untuk Netscape

Arahkan mouse ke laman web dan klik kanan mouse. Gulirkan ke 'View Frame Info' dan klik mouse. Pastikan bahwa informasi berikut ini muncul di tampilan layar:

Lokasi: Lokasi harus diawali dengan 'https://'

Keamanan: Ini adalah dokumen yang aman yang menggunakan kunci enkripsi high-grade untuk penggunaan domestik di U.S. saja (RC4, 128 bit)

Sertifikat: Sertifikat ini milik...UOB Indonesia... 

Sampaikan kepada Kami Segera ketika Ada Invasi Privasi Anda atau Transaksi yang Tidak Sah yang Dicurigai
 

Jika anda mencurigai bahwa privasi anda telah dilanggar atau bahwa (rekening-rekening) anda telah dinilai oleh individu yang tidak berwenang, mohon ubah kata sandi anda segera dan hubungi kami dengan menelepon hotline secara langsung untuk masing-masing layanan. Periksa mutasi rekening anda untuk melihat jika ada transaksi telah dilaksanakan tanpa persetujuan anda. Apabila terdapat transaksi yang tidak sah atau tidak lazim, mohon beri tahu kami segera.

 

Anda harus memeriksa mutasi rekening anda secara rutin dan beri tahu kami segera atas setiap kesalahan. Paling tidak, Anda harus memeriksa mutasi rekening anda minimal satu kali di awal setiap bulan.

 

Rekening Bank

Jika anda menolak pencatatan atau penghilangan di dalam mutasi rekening anda berkaitan dengan setiap bulan kalender, anda harus memberi tahu bank secara tertulis dalam waktu 14 hari sejak tanggal sejak laporan penuh untuk bulan kalender tersebut tersedia di UOB Personal Internet Banking. Jika tidak dilaksanakan, penerimaan oleh anda dan kebenaran mutasi rekening anda akan dianggap diberikan.

 

Kemanan Surat Elektronik

Karena informasi yang dikirimkan melalui surat elektronik tidak dienkripsikan selama transmisi, sangat disarankan supaya anda tidak memberikan rekening anda atau nomor kartu kredit anda atau memberikan informasi rahasia apa pun atau kegiatan perbankan atau instruksi lainnya di dalam pertanyaan dan/atau komentar anda.

 

Jika anda menemui surel mencurigakan, yang nampak seperti surel dari UOB, mohon beri tahu kami segera melalu

 

Praktik Terbaik Tambahan yang Disarankan untuk Melindungi Keamanan Daring Anda

  • Hapus file dan berbagi printer di komputer anda, khususnya ketika anda mempunyai akses Internet via modem kabel, koneksi broadband atau pengaturan yang serupa.
  • Lalukan pencadangan secara rutin untuk data penting.
  • Perhatikan penggunaan teknologi enkripsi untuk melindungi data yang sangat sensitif.
  • Jangan instal perangkat lunak junk atau menjalankan program tanpa asal yang jelas.
  • Hapus junk atau email berantai.
  • Jangan buka lampiran surel darin orang asing.
  • Jangan sampaikan informasi pribadi, keuangan atau kartu kredit ke situs web yang tidak diketahui atau dicurigai.
  • Jangan gunakan komputer atau perangkat yang tidak dapat dipercayai

 

Di UOB, kami berkomitmen untuk memberikan anda layanan nasabah yang tanggap. Ketika kami menerima keluhan nasabah, prioritas kami adalah untuk menanganinya sesegera mungkin. 

Pilihan Nasabah Apabila Tidak Tersedia (Situs-Situs) Web Internet Banking UOB /Transaksi 

Apabila (situs-Situs) Web Internet Banking UOB/Transaksi tidak tersedia, nasabah dapat memilih melakukan kegiatan perbankan/transaksi via kanal altenatif berikut:

Layanan Daring Kanal Altenatif
UOB Personal Internet Banking Call Center: 14008 (lokal) dan +6221-2355-9000 (dari luar negeri)

Business Internet Banking BIB Helpdesk
Call Center: 14800 (lokal) dan +6221-2355-9000 (dari luar negeri)

Pilihan Nasabah apabila Tidak Tersedia (Situs-situs) Web Internet Banking UOB/Transaksi

Apabila (Situs-situs) Web Internet Banking UOB Group/transaksi tidak tersedia, nasabah dapat memilih melakukan kegiatan perbankan/transaksi via kanal altenatif berikut:

Layanan Daring Kanal Altenatif

UOB Personal Internet Banking
  • Setiap kantor cabang UOB
  • PhoneBanking
    Call Center: 14008 (lokal) dan +6221-2355-9000 (dari luar negeri)

Business Internet Banking
  • Setiap kantor cabang UOB
  • BIB Helpdesk
    Call Center: 14008 (lokal) dan +6221-2355-9000 (dari luar negeri)

Versi Bahasa Indonesia yang akan Berlaku

Jika terdapat perbedaan arti antara versi Bahasa Inggris dan versi Bahasa Indonesia atas syarat dan ketentuan, versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku.