Tips Aman

Perhatikan keamanan halaman website Anda
chevron

Saat login ke PIB, cek apakah alamat website pada status bar di bagian atas browser Anda berubah dari http:// ke https:// dan ikon keamanan (simbol gembok) muncul pada bar alamat URL browser Anda.

Hal ini mengindikasikan bahwa halaman website dimana Anda berada telah dilengkapi dengan teknologi enkripsi. Anda dapat mengklik ikon keamanan (simbol gembok) untuk melihat informasi terkait sertifikat keamanan halaman website tersebut.
Jika Anda tidak melihat simbol tersebut, segera tinggalkan website tersebut dan melaporkannya kepada UOB Contact Center di nomor 14008


  • Apabila ingin mengakses PIB dan menerima SMS OTP menggunakan perangkat mobile yang sama (khususnya yang menggunakan Android Operating System), harap dipastikan perangkat mobile yang Anda gunakan telah terinstall perangkat lunak (software) anti-virus yang ter-update untuk melindungi perangkat mobile anda dari virus dan program yang berbahaya. Hal ini untuk mengantisipasi adanya mobile malware yang dapat mencegah Anda untuk melihat SMS OTP yang dikirimkan.
  • Bank tidak pernah menanyakan data-data rahasia seperti PIN, kata sandi, login ID, data pribadi dan sebagainya melalui telepon atau email.
  • Segera hubungi Call Center UOB Indonesia di 14008 atau Cabang Terdekat apabila merasa akun Anda tidak aman atau segera ubah password PIB Anda.
  • Jaga kerahasiaan ID pengguna dan Kata Sandi PIB Anda.
  • Selalu gunakan komputer atau perangkat yang Anda percaya/aman.
  • Selalu logout setelah selesai bertransaksi.
  • Jangan mencatat password di media apapun apalagi di catat dalam ponsel.
  • Ubah password Anda secara rutin
  • Periksa history transaksi Anda dan email notifikasi secara berkala.
  • Selalu akses dengan mengetik https://pib.uob.co.id/PIBLogin atau mengunjungi website UOB http://www.uob.co.id untuk mengakses layanan PIB dan tidak melalui tautan email. Kami sarankan untuk menyimpan akses PIB di menu favorit atau bookmarks.
  • Selalu logout dari PIB sebelum berpindah ke website lain dan pastikan selalu menghapus riwayat penelusuran & aktivitas pada browser terutama jika Anda mengakses rekening Anda dari terminal akses publik. Hal ini akan mencegah informasi rekening Anda tersimpan pada terminal.
  • Pastikan komputer Anda terinstall perangkat lunak (software) anti-virus yang ter-update untuk melindungi komputer Anda dari virus dan program yang berbahaya.
  • Logout dari PIB apabila sudah tidak di gunakan kembali
  • Hati-hati terhadap upaya penipuan yang mengatakan sebagai petugas Bank UOB Indonesia melalui telepon, faksimili atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk Password PIB ataupun kode yang dikirimkan melalui SMS OTP. Karena petugas Bank UOB Indonesia tidak akan meminta atau menanyakan Password Anda.
  • Apabila Anda melihat tanda mencurigakan segera tinggalkan website PIB dan laporkan ke UOB Call Center di nomor 14008 atau Cabang UOB Indonesia terdekat.
  • Jangan mengakses PIB melalui Public WiFi yang umumnya disediakan oleh restaurant, hotel, cafe dsb, karena berpeluang terjadinya intervensi saat Anda bertransaksi.

Istilah Keamanan

SIM Swap
chevron

SIM Swap adalah pengambilan nomor ponsel Anda sebagai sarana bagi pelaku kejahatan untuk mengakses akun perbankan.

Bagaimana SIM Swap dilakukan oleh pelaku pemalsuan ?

  • Pelaku yang sudah mengumpulkan informasi perbankan personal milik korban kemudian mendatangi cabang operator seluler dan meminta penggantian kartu SIM milik korban, dengan menggunakan bukti identitas palsu guna memperoleh kartu SIM baru.
  • Setelah melakukan verifikasi, operator seluler menerbitkan kartu SIM pengganti dan menonaktifkan kartu SIM asli yang masih berada di tangan pemilik sah.
  • Pelaku kemudian melakukan transaksi perbankan, dimana One-Time Passcode (OTP) akan dikirimkan ke kartu SIM baru dan melakukan transaksi finansial tanpa sepengetahuan korban.


Tips untuk menjaga keamanan Anda dari penyalahgunaan SIM Swap :

  • Jika ponsel Anda berhenti bekerja untuk alasan yang tidak biasa, segera cek dengan operator selular Anda.
  • Jaga kerahasiaan informasi pribadi Anda (password Internet Banking / PIN ATM / PIN telepon) dan jangan pernah berbagi informasi tersebut kepada siapa pun.
  • Jangan mempublikasikan nomor ponsel Anda pada akun media sosial, atau gunakan nomor ponsel yang berbeda untuk layanan perbankan.
  • Aktifkan layanan SMS dan e-mail alert untuk menerima notifikasi atas transaksi maupun perubahan pada rekening Anda.
  • Jangan pernah menjawab panggilan tidak dikenal yang memminta Anda untuk memberikan rincian rekening serta nomor ponsel yang terdaftar.

Phising adalah tindakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab dalam memperoleh informasi pribadi seperti user id, password, atau informasi lainnya dengan tujuan penipuan dan bisa mengakibatkan akun internet banking dapat diakses oleh orang lain.

Cara kerja phising adalah memalsukan alamat website ataupun email. Tips agar terhindar dari phising :

  • Pastikan kembali alamat website yang Anda kunjungi khususnya alamat website UOB Indonesia yaitu www.uob.co.id.
  • Selalu update Sistem Operasi, Software aplikasi, dan Browser yang digunakan.
  • Perhatikan alamat email pengirim.
  • Jangan membuka atau download lampiran apapun dari email yang tidak dikenal, karena lampiran tersebut kemungkinan berisi malware.
  • Jangan sembarang klik hyperlink yang terdapat pada email. Hyperlink bisa digunakan untuk mengarahkan Anda ke situs-situs phising yang berisi malware atau website yang menipu pengguna agar memberikan informasi pribadi.

Malware adalah program atau software yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer yang bisa mengalihkan data hasil input nasabah/pengguna untuk kepentingan lainnya yang tidak bertanggung jawab sehingga bisa menyebabkan kerugaian finansial terhadap nasabah.

Kerja malware hampir sama seperti virus, namun malware memberikan informasi dari komputer/perangkat kita ke server/asal malware tersebut.

Tips agar komputer/perangkat yang Anda pakai terhindar dari malware:

  • Install Anti Virus serta lakukan update secara berkala.
  • Selalu update Sistem Operasi, Software aplikasi, dan browser yang digunakan.
  • Jangan sembarangan melakukan download dari internet dan pastikan dari situs terpercaya.
  • Jangan membuka email sembarangan dari orang yang tidak dikenal.

Social Engineering adalah manipulasi psikologis dari seseorang dalam melakukan aksi atau menguak suatu informasi rahasia biasanya dilakukan melalui telepon atau internet. Oleh karena itu jangan pernah memberikan informasi sensitif mengenai akun bank Anda kepada orang lain.

Tips untuk menghindari Social Engineering :

  • Selalu waspada pada saat berinteraksi di dunia nyata ataupun di dunia maya, apalagi jika berkaitan dengan informasi dimana Anda bekerja
  • Jangan memberikan informasi sensitif mengenai pribadi ataupun tempat bekerja pada saat berinteraksi di dunia nyata ataupun dunia maya.

Virus adalah program komputer yang dibuat dan memiliki kemampuan untuk dapat merusak sistem operasi perangkat Anda, aplikasi, ataupun data yang ada pada perangkat tersebut.

Ciri-ciri komputer yang terkena virus :

  • Komputer tidak stabil/sering hang
  • Kinerja komputer terasa lambat
  • Terdapat file aneh didalah media penyimpanan komputer/perangkat yang kita gunakan.


Tips menghindari perangkat terkena virus :

  • Install anti-virus.
  • Update anti virus secara berkala
  • Jangan install program dari sumber yang tidak dipercaya
  • Selalu scan flashdisk atau media yang dikoneksikan ke perangkat Anda

Keylogger adalah program komputer yang dapat menyimpan apa yang Anda ketik di perangkat yang Anda gunakan.

Tips untuk menghindari dari Keylogger :

  • Selalu gunakan perangkat yang biasa Anda pakai untuk bertransaksi dan pastikan tidak ada aplikasi yang tidak Anda install.
  • Jangan menggunakan komputer/perangkat yang dipakai bersama untuk melakukan transaksi.

Kami siap membantu Anda