Pengumuman FAQ SiMoDis

Nasabah yang terhormat,

Terima kasih telah memilih PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) sebagai mitra perbankan terpercaya Anda.

Berikut kami sampaikan jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering disampaikan (Frequent Asked Questions) sehubungan dengan permintaan penyesuaian informasi ekspor/impor melalui SiMoDIS. Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Relationship Manager Anda atau kontak email berikut : uobisimodis@uob.co.id.

1 Q Bagaimana saya mengetahui nomor referensi Pengirim dana?
A Informasi nomor referensi Pengirim Dana dapat dilihat pada detil rekening:
  • Untuk Sender Reference atas Inward fund TT terkait DHE dapat dilihat pada field Your Reference
  • Untuk Sender Reference atas Outward fund TT terkait DHE dapat dilihat pada field Our Reference yang dimulai dengan ‘ROR’
2 Q Apa yang perlu saya masukkan pada field Penyesuaian Informasi Ekspor/Impor?
A Informasi ekspor/impor sesuai format Bank Indonesia yakni
  • 1011//Nomor_Invoices(Nilai_Invoice) Nilai Invoice yang dicantumkan adalah nilai alokasi invoice atas DHE yang diterimakan dengan nilai sama dengan atau lebih kecil dari DHE yang dikreditkan ke rekening

Contoh 1:

  • DHE yang diterimakan yakni USD 500.000,-
  • Nomor Invoice yang ditagihkan yakni PTABC123
  • Nilai Invoice yang ditagihkan yakni USD 500.000,-

Demikian field Penyesuaian informasi ekspor/impor diisikan sebagai berikut: 1011//PTABC123(500000)

Contoh 2:

  • DHE yang diterimakan yakni USD 499.950,-
  • Nomor Invoice yang ditagihkan yakni PTABC123
  • Nilai Invoice yang ditagihkan yakni USD 500.000,-

Demikian field Penyesuaian informasi ekspor/impor diisikan sebagai berikut: 1011//PTABC123(499950)

Contoh 3:

  • DHE yang diterimakan yakni USD 350.000,-
  • Nomor Invoice yang ditagihkan yakni PTABC123
  • Nilai Invoice yang ditagihkan yakni USD 200.000,-

Demikian field Penyesuaian informasi ekspor/impor diisikan sebagai berikut:
1011//PTABC123(200000)

3 Q Bagaimana format nomor invoice dan nilai invoice untuk 1 incoming yang merupakan tagihan atas lebih dari satu invoice?
A Pada kolom 'Penyesuaian Informasi Ekspor/Impor' diisikan nomor invoice dan nilai alokasi masing-masing invoice dengan ketentuan total nilai alokasi masing-masing invoice adalah sama dengan atau lebih kecil dari nilai DHE yang diterimakan.

Contoh

  • DHE yang diterimakan yakni USD 2.000.000,-
    • DHE ini diterimakan atas tiga invoice yakni Invoice No. ABC123, Invoice No. DEF456 dan Invoice No. XYZ098
    • Nilai Invoice No. ABC123 yakni USD 1.000.000,-
      • Nilai alokasi invoice No. ABC123 yakni USD 500.000,-
    • Nilai Invoice No. DEF456 yakni USD 2.800.000,-
      • Nilai alokasi invoice No. DEF456 yakni USD 700.000,-
    • Nilai Invoice No. XYZ098 yakni USD 5.000.000,-
      • Nilai alokasi invoice No. XYZ098 yakni USD 800.000,-

Demikian maka kolom 'Penyesuaian Informasi Ekspor/Impor' diisikan sebagai berikut:
1011//ABC123(500000)DEF456(700000)XYZ098(800000)

4 Q Bagaimana cara menyampaikan permintaan penyesuaian informasi ekspor/impor untuk data lebih dari 5 transaksi?
A Dapat menggunakan form excel template yang telah Bank UOB Indonesia sediakan. Klik disini

Hormat kami,

PT Bank UOB Indonesia

UOB merupakan Lembaga Perbankan yang Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.