FAQ Teratas

Tidak diperlukan kredensial login baru. Anda dapat menggunakan kredensial login yang sama untuk BIBPlus untuk mengakses UOB Infinity.

Jika Anda memerlukan penggantian token fisik Anda, Anda perlu mengisi formulir pemeliharaan.

Silakan hubungi relationship manager Anda atau kunjungi cabang UOB terdekat untuk mendapatkan formulir yang diperlukan.

Kami sangat menganjurkan Anda untuk mendaftar Infinity Secure (Token Digital) jika Anda belum melakukannya. Cari tahu lebih lanjut tentang Infinity Secure di sini.

Untuk memulai instruksi pembayaran di UOB Infinity, dari bilah menu atas, pilih Bayar dan Transfer > pilih jenis pembayaran dan ikuti petunjuk di layar yang sesuai.
Untuk panduan langkah demi langkah, Anda dapat mengakses panduan pengguna di sini atau dengan mengklik ikon tanda tanya  terletak di kiri atas layar.

Semua FAQs Tentang Infinity

UOB Infinity adalah platform perbankan digital UOB untuk bisnis. Platform ini menawarkan rangkaian lengkap cash management dan trade services untuk membantu Anda mengelola transaksi finansial dan transaksi trade dengan lebih efisien.

Ya, UOB Infinity tersedia 24/7. Namun, beberapa transaksi mungkin tunduk pada jam pemrosesan. Untuk jam pemrosesan transaksi, klik di sini.

Ya, selama Anda memiliki akses Internet saat berada di luar negeri, Anda akan dapat mengakses UOB Infinity kapan saja, di mana saja.

Anda dapat mengakses UOB Infinity menggunakan browser dari ponsel atau tablet Anda

Tidak diperlukan kredensial login baru. Anda dapat menggunakan kredensial login yang sama untuk BIBPlus untuk mengakses UOB Infinity.

Baik UOB Infinity dan BIBPlus akan berjalan secara bersamaan untuk memberikan waktu kepada pengguna untuk terbiasa dengan antarmuka pengguna baru di UOB Infinity. Semua transaksi, template, pembayaran sebelumnya, draft, dan master penerima pembayaran/penerima akan tersedia di kedua platform.

Ya, Anda masih dapat menggunakan BIBPlus Mobile hingga BIBPlus dinonaktifkan. 

Perbedaan utama terletak pada antarmuka pengguna dan fitur yang ditawarkan. UOB Infinity menawarkan fitur-fitur baru yang memungkinkan Anda untuk menavigasi dan menyelesaikan tugas Anda lebih cepat dan lebih efisien. Dengan UOB Infinity, Anda akan dapat:

  • Personalisasi dasbor Anda dan akses informasi yang paling penting bagi Anda dengan cepat.
  • Akses semua fungsi hanya dalam satu klik.
  • Menyetujui transaksi finansial kapan saja, di mana saja.
  • Lacak status end-to-end pembayaran lintas batas dan nikmati visibilitas semua biaya dan tagihan.

Aplikasi & Pemeliharaan

Pemilik tunggal/perusahaan/klub dan perkumpulan yang memiliki akun perusahaan di UOB memenuhi syarat untuk mengajukan UOB Infinity.

Untuk informasi lebih lanjut tentang rekening bisnis UOB, silakan kunjungi website kami atau cabang UOB terdekat untuk kenyamanan Anda.

Tidak, Anda tidak perlu mengajukan permohonan untuk UOB Infinity jika Anda sudah menjadi pengguna BIBPlus. Anda cukup login ke UOB Infinity dengan detail login BIBPlus Anda saat ini.

Anda hanya perlu mengajukan UOB Infinity jika Anda bukan pengguna BIBPlus. Anda dapat memilih "Daftar Sekarang" dan ikuti petunjuk untuk mengunduh formulir yang sesuai.

  • Untuk mengatur ulang ID Grup (Organisasi) / ID Pengguna - harap hubungi UOB Call Center di 14008 (lokal) atau +6221-2355-9000 (dari luar negeri).
  • Untuk mengatur ulang Kata Sandi - pilih “Ada masalah saat masuk?” di bagian bawah kotak masuk dan ikuti petunjuk di layar.

Harap hubungi relationship manager Anda atau hubungi UOB Call Center di 14008 (lokal) atau +6221-2355-9000 (untuk luar negeri)

Bank memerlukan waktu hingga 5 hari kerja sejak diterimanya aplikasi Anda dan semua dokumen yang diperlukan untuk memproses aplikasi Anda. Setelah user ID Anda berhasil dibuat, Bank akan mengirimkan email dan SMS ke alamat email dan nomor kontak masing-masing seperti yang tertera pada aplikasi UOB Infinity Anda. Harap pastikan bahwa alamat email dan nomor kontak yang diberikan dalam formulir aplikasi sudah benar.

Jika Anda tidak menerima UOB Infinity Welcome Pack, harap hubungi UOB Call Center di 14008 (lokal) atau +6221-2355-9000 (dari luar negeri)

Anda akan menerima UOB Infinity Welcome Pack yang dikirimkan ke alamat korespondensi. UOB Infinity Welcome Pack akan terdiri dari UOB Infinity Organization ID dan User ID Anda,

Bergantung pada produk dan layanan yang Anda pilih dalam formulir yang dikirimkan, Anda juga dapat menerima token fisik secara terpisah.

Catatan: Token fisik diperlukan untuk Layanan Perdagangan, Berbagi Token, atau fungsi Tampilan Global.

Saat ini, kami hanya dapat mengirimkan notifikasi SMS (untuk aktivasi akun dan reset kata sandi) ke nomor ponsel yang berasal dari negara/wilayah Indonesia. Kami akan meningkatkan layanan kami untuk mencakup lebih banyak negara/wilayah

Biaya dan biaya yang terkait dengan produk dan layanan akan terus berlaku. Untuk daftar lengkap biaya silakan lihat panduan biaya kami

Untuk batas waktu pemrosesan transaksi yang lengkap, silakan lihat panduan cut-off time kami.

Login

Anda dapat mengaktifkan ID pengguna Anda dari halaman login UOB Infinity dengan memilih “Ingin mengaktifkan akun baru Anda?” dan mengikuti langkah-langkah di layar. Untuk semua pengguna kecuali Administrator dan Pemberi Kuasa Perusahaan, Administrator Perusahaan Anda juga dapat mengaktifkan akun Anda atas nama Anda.

Untuk panduan langkah demi langkah, silakan klik di sini.

ID Organisasi – Anda tidak dapat mengubah ID Organisasi Anda

User ID - Anda hanya dapat mengubah User ID Anda saat pertama kali login ke UOB Infinity. Perubahan selanjutnya tidak diperbolehkan.

Kata Sandi – Anda dapat mengubah kata sandi kapan saja dari menu “Kelola Profil” di sudut kanan atas dasbor Anda.

UOB Infinity memiliki fungsi “Ingat Saya” untuk menyimpan Organisasi dan User ID dari login terakhir. Anda hanya perlu memasukkan kata sandi saat Anda masuk lagi. Namun, fungsi “Ingat Saya” hanya dapat menyimpan satu Organisasi dan ID Pengguna

Mendapatkan bantuan

Anda dapat mengunduh panduan pengguna kami dengan masuk ke UOB Infinity, klik ikon pengguna  di bilah menu atas dan klik "Butuh Bantuan?".

Jika Anda memerlukan bantuan, silahkan hubungi UOB Call Center di 14008 (lokal) atau +6221-2355-9000 (dari luar negeri).

Ya, kami memiliki lokakarya reguler yang dilakukan melalui webinar. Mendaftar untuk workshop  pelatihan virtual di sini. Jika Anda tidak dapat menemukan slot yang sesuai, silahkan hubungi UOB Call Center di 14008 (lokal) atau +6221-2355-9000 (dari luar negeri).

Akun

UOB Infinity dapat menampilkan data aktivitas akun selama 12 bulan terakhir.

Untuk nasabah BIBPlus yang sudah ada, Anda akan dapat melihat/mengambil data aktivitas akun selama 12 bulan terakhir di UOB Infinity.

Untuk nasabah baru UOB Infinity, Anda hanya dapat melihat/mengambil data aktivitas akun selama 2 bulan terakhir saat Anda pertama kali mengakses UOB Infinity.

Silakan kunjungi cabang UOB terdekat untuk meminta data. Biaya mungkin berlaku.

Anda akan dapat mengunduh/mengekspor laporan rekening dari semua akun UOB Anda yang terhubung dengan UOB Infinity.

Harap dicatat bahwa tata letak pernyataan yang diunduh berbeda dari pernyataan akun fisik.

Untuk mengunduh/mengekspor laporan akun:

  • Dari atas menu, buka Akun > Aktivitas Akun dari atas menu.
  • Pilih nomor rekening dan rentang tanggal yang diperlukan.
  • Klik tombol “Ekspor” di pojok kanan atas layar.

Ada 4 jenis file yang tersedia:

  • PDF
  • CSV
  • Spreadsheet
  • Fixed Length

Membuat Pembayaran

Untuk memulai instruksi pembayaran di UOB Infinity, dari bilah menu atas, pilih Bayar dan Transfer > pilih jenis pembayaran dan ikuti petunjuk di layar yang sesuai. Untuk panduan langkah demi langkah, Anda bisa mengakses panduan pengguna di sini atau dengan mengklik ikon tanda tanya  terletak di kiri atas layar.

Ya, Anda dapat membatasi pengguna untuk membuat/menyetujui pembayaran kepada penerima pembayaran tertentu hanya dengan mengizinkan mereka mengakses penerima pembayaran yang telah disetujui sebelumnya (PAP). Administrator Perusahaan dapat mengatur akses pengguna dengan memilih “PAP Only” di bawah pengaturan akun pengguna.

Daftar Penerima Pembayaran menunjukkan 10 penerima pembayaran terbaru dari pengguna yang sama dengan yang paling baru terdaftar terlebih dahulu. Tidak ada penyaringan berdasarkan rekening debit atau jenis transaksi.

Bisa, dan layanan pembayaran ini ditawarkan secara gratis. Untuk memulai transaksi pembayaran tagihan ke organisasi penagihan, dari bilah menu atas, Pilih Bayar & Transfer > Pembayaran Tagihan.

Anda harus memasukkan referensi tagihan Anda. Jika Anda tidak yakin mana yang menjadi referensi tagihan Anda, silakan hubungi organisasi penagihan.

Staf klien Anda dapat mengharapkan untuk menerima gaji mereka di akun masing-masing pada hari yang sama (29 November 2021). Untuk penerima di bank lain, beberapa bank mungkin memiliki waktu yang berbeda untuk mengkreditkan dana. Untuk memastikan bahwa gaji tersedia untuk staf mereka pada Tanggal Valuta yang ditentukan, klien harus sepenuhnya mengotorisasi dan menyerahkan instruksi pembayaran sebelum pukul 13.15 WIB. Tanggal Valuta tidak boleh pada hari Sabtu, Minggu atau Hari Libur Nasional.

Ya, kami memiliki alat berbasis Excel, UOB File Converter, yang dapat Anda unduh dari sini. Anda dapat memasukkan detail pembayaran ke alat dan menghasilkan file massal sebelum mengunggahnya ke UOB Infinity sebagai instruksi pembayaran/penggajian/pengumpulan massal.

Setelah mengekstrak zip file, ikuti instruksi yang diberikan di "Panduan Cepat" Pengonversi File Excel.

Anda dapat mengetahui penyetuju selanjutnya yang dapat menyetujui transaksi dari Status Persetujuan:

  • Dari bilah menu atas, pilih Akun > Status Persetujuan
  • Cari transaksi Anda dan klik menu aksi (… )
  • Pilih “Jejak Audit" untuk melihat nama pemberi otorisasi

Untuk mengedit transaksi yang telah diajukan untuk persetujuan, pemberi persetujuan harus mengembalikan transaksi tersebut kepada pembuatnya dengan memilih  “Kembali”. Setelah itu, pembuat pembayaran akan dapat mengedit transaksi.

Otorisasi Pembayaran

Anda dapat menyetujui instruksi pembayaran dari:

  • Dasbor – Dalam widget “My Task”, lima transaksi terbaru yang memerlukan persetujuan Anda akan dicantumkan; ATAU
  • Tugas Saya – Dari menu atas, pilih Tugas Saya untuk melihat daftar lengkap permintaan yang memerlukan persetujuan Anda

Jika Anda memerlukan panduan langkah demi langkah, silakan masuk ke UOB Infinity, klik ikon  di bilah menu atas dan klik "Butuh Bantuan?".

Untuk mengatur atau memperbarui mandat persetujuan Anda, atau mengubah grup otorisasi pemberi otorisasi, harap kirimkan formulir pemeliharaan.

Setiap transaksi moneter hanya dapat disetujui sesuai dengan mandat persetujuan di profil otorisasi. Selain itu, Anda juga dapat mengatur kontrol batas berikut:

 

Batas

Tipe

Batas Default

Berlaku untuk

Batas Harian Penandatangan

Batas Harian per Penandatangan

Jumlah berapa pun, tergantung ketersediaan dana di akun

Setiap Penandatangan di Grup A, B, C, D atau E

Batas Transaksi*

Batas Transaksi per Penandatangan di setiap Grup Penandatangan

Jumlah berapa pun, tergantung ketersediaan dana di akun

Semua produk/layanan tersedia di UOB Infinity.

* Jika Anda tidak menunjukkan batas dalam Formulir Pendaftaran, Bank akan menetapkan Rp 9,999,999,999,999.99
sebagai batas default.

 

Ya, setiap pemberi kuasa yang ditunjuk sesuai dengan mandat persetujuan perusahaan dapat menyetujui pembayaran.

Jika Anda berwenang untuk menyetujui pembayaran Anda sendiri, Anda akan memiliki opsi untuk segera menyetujui pembayaran dengan memilih “Kirim Sekarang”. Atau, Anda dapat menyetujui pembayaran nanti dengan memilih “Tambahkan ke Tugas Saya”. Dengan memilih yang terakhir, pembayaran akan muncul di Tugas Saya untuk Anda setujui nanti.

Untuk menarik kembali pembayaran setelah dikirim ke Bank untuk diproses, silakan segera hubungi UOB Call Center di 14008 (local) atau +6221-2355-9000 (dari luar negeri)

Lacak Pembayaran

Anda dapat memeriksa status transaksi dengan memilih Akun > Status Persetujuan dari bilah menu atas.

Status Persetujuan memberikan tampilan gabungan dari semua status transaksi di satu lokasi. Transaksi diklasifikasikan berdasarkan statusnya untuk memudahkan referensi:

  • Semua (putih) - semua transaksi tanpa memandang status
  • Pending (oranye) - transaksi yang belum disubmit/dikirim ke Bank
  • Dikirim ke Bank (biru) - transaksi yang telah disampaikan ke Bank tetapi belum diproses
  • Ditolak (merah) - transaksi yang ditolak atau transaksi massal yang sebagian ditolak
  • Berhasil (hijau) - transaksi yang telah berhasil diproses oleh Bank

Selain itu, Administrator Perusahaan juga dapat mengatur email atau SMS alert untuk memberi tahu pembuat transaksi dan/atau pemberi kuasa ketika suatu transaksi telah berhasil diproses atau ditolak.

Ya, Anda dapat melacak transaksi remitansi dan lintas mata uang Anda dari “Lacak Pembayaran (SWIFT gpi)”. Untuk mengakses “Lacak Pembayaran (GPI SWIFT), dari bilah menu atas, pilih Bayar & Transfer > Lacak Pembayaran (GPI SWIFT).

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pelacakan end to end atas pembayaran lintas batas masuk/keluar mereka, yang mencakup transaksi Transfer Bank/MEPS/MT202. Tidak ada biaya untuk menggunakan Track Payments (SWIFT gpi).

SWIFT Global Payment Innovation (SWIFT gpi) adalah layanan yang ditawarkan oleh SWIFT, yang bertujuan untuk mengubah pengalaman pelanggan dalam melacak pembayaran lintas batas. SWIFT adalah penyedia global layanan pesan keuangan yang aman.

Ya, Anda dapat melacak transfer telegrafik yang dikirimkan melalui kanal transaksi lain UOB selama Anda mengetahui nomor rekening asal pembayaran.

Kolom biru menunjukkan lokasi pembayaran saat ini.

Lingkaran berwarna dapat ditemukan di atas kolom masing-masing bank yang menunjukkan status transaksi di masing-masing bank:

  • Hijau - Selesai
  • Oranye - Dalam Proses / Ditunda
  • Merah - Ditolak
  • Abu-Abu - Tidak dapat dilacak (misalnya pembayaran telah mencapai bank non-SWIFT)

Untuk penjelasan lebih detail mengenai fitur ini, silakan login ke UOB Infinity, klik ikon pengguna ( di bilah menu atas, dan klik "Butuh Bantuan?".

Laporan dan Rekonsiliasi

Ya, Anda dapat mengekspor detail transaksi sebagai file PDF atau CSV. Format file CSV hanya berlaku untuk transaksi massal. Untuk format file PDF, Anda dapat memilih untuk mengekspor detail transaksi dengan atau tanpa informasi jejak audit.

Untuk mengekspor detail transaksi:

  1. Dari bilah menu atas, pilih Akun > Status Persetujuan
  2. Cari transaksi 
  3. Dari menu aksi (♦ ♦ ♦ ), pilih "Pilih “Ekspor” di kanan atas detail transaksi

Untuk transaksi tunggal:

  • Jika Anda mengekspor sebagai "PDF", Anda dapat segera mengunduh file tersebut.
  • Jika Anda mengekspor sebagai "PDF dengan Jejak Audit", Anda akan menerima pemberitahuan email saat file siap diunduh. Untuk mengunduh, dari bilah menu atas, pilih Akun > Unduh Laporan. Pilih tab “Laporan Buatan Pengguna” > klik ikon download untuk transaksi.

Untuk transaksi massal:

  • Anda akan menerima pemberitahuan email saat file siap diunduh. Untuk mengunduh, dari bilah menu atas, pilih Akun > Unduh Laporan. Pilih tab “Laporan Buatan Pengguna” > klik ikon download untuk transaksi.

Ya, ada advis pembayaran yang dihasilkan untuk Transfer Bank. Untuk menemukan advis, dari bilah menu atas:

  1. Pilih Akun > Aktivitas Akun
  2. Pilih nomor rekening dan rentang tanggal (ketika terjadi Transfer Bank keluar/masuk).
  3. Untuk mengunduh, klik ikon yang tersedia di kolom “advis”

Anda juga dapat melihat dan mengekspor detail pengiriman uang masuk menggunakan langkah yang sama.

Jika Anda berlangganan laporan rekonsiliasi/pernyataan lainnya (misalnya MT940), Anda dapat meminta laporan tersebut tersedia di UOB Infinity melalui relationship manager Anda atau dengan mengunjungi cabang UOB terdekat.

Untuk mengunduh laporan:

  1. Dari bilah menu atas, pilih Akun > Unduh Laporan
  2. Klik ikon di bawah kolom "Unduhan".

Jika Anda berlangganan laporan rekonsiliasi/pernyataan lainnya (misalnya MT940), Anda dapat meminta laporan tersebut tersedia di UOB Infinity melalui relationship manager Anda atau dengan mengunjungi cabang UOB terdekat.

Untuk mengunduh laporan:

  1. Dari bilah menu atas, pilih Akun > Unduh Laporan
  2. Klik ikon di bawah kolom "Unduhan".

Layanan Trade (BIBPlus)

Silakan pilih "Layanan Trade (BIBPlus)" di formulir pendaftaran atau pemeliharaan di bawah "Layanan Tak Terbatas Tambahan"

  1. Masuk ke UOB Infinity
  2. Dari bilah menu atas, klik menu tarik-turun “Anda berada di: Cash Management
  3. Pilih “Layanan Trade (BIBPlus)” 

Anda akan diarahkan ke BIBPlus untuk layanan trade (BIBPlus). Anda tidak perlu login lagi.

Upgrade antarmuka fungsi Trade masih dalam proses, dan akan diperkenalkan pada tahap selanjutnya.

Tidak. Anda dapat melihat transaksi Trade dengan memilih “Layanan Trade (BIBPlus)” > Layanan Rekening Trade > Transaksi dan Laporan > Pencarian Transaksi.

Tidak. Anda dapat menyetujui transaksi Trade dengan memilih “Layanan Trade (BIBPlus)” > Layanan Rekening Trade > Transaksi dan Laporan > Daftar Kerja.

Tidak. Anda dapat mengatur alert/notifikasi untuk transaksi trade dengan memilih “Trade Services (BIBPlus)” > Administrasi > Pemeliharaan Peringatan.

  1. Dari bilah menu atas, klik menu tarik-turun “Layanan Trade (BIBPlus)”
  2. Pilih “Layanan Tunai”

Anda akan diarahkan ke UOB Infinity Cash Management. Tidak perlu login lagi.

Ada dua cara untuk mengunduh advis Trade:

  1. Dari layar Rangkuman Tagihan Trade
    • Dari bilah menu atas, pilih Layanan Rekening > Rangkuman Tagihan Trade
    • Cari detail tagihan trade
    • Klik hyperlink Referensi Bank
    • Jendela pop-up dengan tampilan ringkasan konsolidasi transaksi dan semua peristiwa termasuk saran yang terkait dengan tagihan trade ini akan ditampilkan
  2. Dari layar transaksi Trade (misalnya Import Letter of Credit) 
    • Dari bilah menu atas, pilih Layanan Trade > Impor Letter of Credit > LC yang Diproses
    • Cari catatan individu LC
    • Klik “Riwayat LC” 

Tampilan ringkasan konsolidasi LC dan semua acara termasuk saran yang terkait dengan letter of credit ini akan ditampilkan.

 

Silahkan login ke BIBPlus, lalu pilih modul transaksi trade terkait yang akan diajukan.

Iya. Setelah transaksi diproses oleh Bank, catatan transaksi serta Trade advice yang relevan akan tersedia di UOB BIBPlus.

UOB Infinity - Layanan Perdagangan (FSCM)

UOB Infinity – Layanan Perdagangan (FSCM) adalah modul baru yang kami tambahkan, dengan fitur baru untuk membantu Anda mengelola rantai pasok dengan lebih efisien, efektif, dan lebih aman, agar Anda dan pembeli/pemasok dapat menikmati pengalaman perbankan yang baru.

BIBPlus adalah Layanan Perdagangan: Untuk pengajuan Documentary Trade dan transaksi open account (pembiayaan impor/ekspor).
UOB Infinity adalah Layanan Perdagangan (FSCM): Untuk pengajuan transaksi terkait FSCM dan dokumentasi untuk diproses.
Saat ini Client masih tetap dapat mengakses atau mengirimkan transaksi Documentary Trade dan open account melalui Layanan Perdagangan di BIBPlus setelah UOB Infinity – Layanan Perdagangan (FSCM) diluncurkan.

Modul yang tersedia di Layanan Perdagangan BIBPlus sebagai berikut:

  • Ringkasan Tagihan Perdagangan
  • Pemberitahuan Transaksi Perdagangan
  • Penerbitan, Perubahan, dan Pembatalan Letter of Credit (LC) Impor maupun Lokal
  • Notifikasi Tagihan Impor termasuk Pembiayaan Trust Receipt
  • Pengesahan Bill of Lading / Penerbitan Shipping Guarantee
  • Penerbitan, Perubahan, dan Pembatalan Banker’s Guarantee
  • Penarikan Pembiayaan Perdagangan (misalnya Import Invoice Financing, Packing Credit, Export Invoice Financing)
  • Pelunasan Pinjaman Perdagangan

Modul yang tersedia di UOB Infinity untuk Layanan Perdagangan (FSCM) sebagai berikut:

  • Pembiayaan Pemasok (Pembiayaan Pre dan Post Shipment)
  • Pembiayaan Pemasok (Perjanjian Pembayaran yang Tidak Dapat Dibatalkan)
  • Pembiayaan Distributor (Post Shipment)
  • Pembelian Piutang (Dengan/Tanpa Hak Regres)

 

 

UOB Infinity – Layanan Perdagangan (FSCM) menawarkan fitur baru yang dapat membantu Anda untuk memantau dan menyelesaikan tugas Anda dengan lebih cepat dan efisien.

Adapun kelebihan UOB Infinity – Layanan Perdagangan (FSCM) sebagai berikut:

  • Digitalisasi dan Otomasi pemrosesan faktur dan permintaan pembiayaan, yang akan mengurangi waktu untuk memasukkan dan pertukaran informasi.
  • Hemat biaya dengan menghilangkan duplikasi dan mengurangi kesalahan melalui otomatisasi permintaan pembiayaan dan pelunasan pinjaman.
  • Terhubung ke ekosistem digital para pemasok/distributor (domestik/luar negeri) dengan menghubungkan mereka ke dalam satu platform tunggal.
  • Pengelolaan dokumen secara menyeluruh dengan pelacakan PO dan faktur terdahulu/saat ini.

Setelah Anda masuk ke UOB Infinity, Anda dapat meng-klik “Layanan Perdagangan (FSCM)” dari menu di bagian atas untuk menuju Layanan Perdagangan (FSCM).

Untuk kembali ke halaman Layanan Perdagangan BIBPlus, Anda dapat meng-klik “Manajemen Kas” untuk kembali ke UOB Infinity lalu pilih “Layanan Perdagangan BIBPlus”
Sementara untuk kembali ke halaman UOB Infinity – Manajemen Kas: Pilih “Manajemen Kas”

Anda tidak dapat melihat transaksi yang telah Anda kirimkan melalui Layanan Perdagangan BIBPlus. Anda harus kembali ke halaman Layanan Perdagangan BIBPlus untuk mengakses transaksi Documentary Trade atau Open Account.

Ya, untuk mengakses Layanan Perdagangan (FSCM), Anda harus mendaftar untuk UOB Infinity.

Tidak perlu, namun, Anda diharuskan melakukan pendaftaran khusus untuk UOB Infinity – Layanan Perdagangan (FSCM).

Ya, Apabila Anda telah menjadi pengguna BIBPlus, maka Anda tetap dapat mengakses Layanan Perdagangan melalui BIBPlus.

Anda memerlukan mandat persetujuan secara terpisah untuk Layanan Perdagangan (FSCM) dari UOB Infinity melalui Formulir Pengelolaan.

Pendaftaran dan Pengelolaan

Anda dapat menghubungi Trade Sales dan Trade Implementation and Sales Support melalui email TSBTradeImplementation_all@uob.co.id di hari Senin sampai Jumat, pukul 9.00am sampai 5.30pm, di luar hari libur nasional.

Untuk menambah/menghubungkan akun, silakan Anda mengisi Formulir Pengelolaan.

Untuk membuat/menambahkan pengguna, silakan Anda mengisi Formulir Pengelolaan.

Token

Tidak.

Infinity secure akan terus ditingkatkan untuk mendukung seluruh fungsi. Sementara untuk token fisik masih diperlukan untuk beberapa pelayanan sebagai berikut:

  • Seluruh transaksi perdagangan (mis.Pengajuan Letter of Credit, FSCM, dll)
  • Seluruh transaksi yang memerlukan pelayanan membagikan token (token privat)
  • Seluruh transaksi menggunakan pelayanan tampilan global

Meskipun Anda tidak menggunakan salah satu dari ketiga layanan diatas, harap tetap menyimpan token fisik terserbut di tempat yang aman sebagai cadangan. Apabila disaat mendatang Anda memerlukan layanan di atas atau Apabila terdapat kendala yang tidak terduga terhadap Infinity secure Anda (mis. Kehilangan ponsel), maka Anda dapat menggunakan token fisik tersebut untuk dapat memproses transaksi.

 

Apabila Anda memerlukan penggantian token fisik, Anda dapat mengisi Formulir Pengelolaan. Silakan hubungi Relationship Manager Anda untuk memperoleh formulir yang diperlukan.

Hard token yang digunakan untuk BIBPlus juga dapat digunakan untuk masuk ke modul UOB Infinity – Layanan Perdagangan (FSCM).

Bantuan

Anda dapat mengunduh panduan penggunaan dengan masuk ke UOB Infinity, lalu klik ikon () pada bilah menu atas dan klik “Butuh Bantuan?”.

Apabila Anda memerlukan pendampingan, silakan hubungi Trade Sales, Trade Client Services atau Relationship Manager Anda.

Ketersediaan

Ya, UOB Infinity – Layanan Perdagangan (FSCM) dapat diakses 24/7, namun untuk pemrosesan transaksi tersebut akan diproses mengikuti waktu proses masing-masing transaksi yang berlaku di Bank.

Ya, selama Anda memiliki akses internet, maka Anda dapat mengakses UOB Infinity kapan saja dan dimana saja.

Saat ini, UOB Infinity – Layanan Perdagangan (FSCM) belum dapat diakses melalui ponsel ataupun tablet.

Spesifikasi dan Keamanan

Untuk pengalaman yang optimal, kami menyarankan Anda untuk mengakses UOB Infinity – Layanan Perdagangan (FSCM) dengan menggunakan kombinasi sistem/browser sebagai berikut:

  Browser
Google Chrome
Version 65
Microsoft Edge Internet Explorer
Version: 11
Mozilla firefox
Version: 57
Safari Version: 11.1.2
Operating System Windows 10 Y Y Y Y  
Windows 7 Y   Y Y  
Mac OS 10.13 High Sierra Y     Y Y
iOS 10.3         Y
Android 7.0 Y        

Spesifikasi Teknis dan Keamanan

Untuk pengalaman pengguna yang optimal, Anda disarankan untuk mengakses UOB Infinity menggunakan kombinasi sistem/browser berikut:

  Browser
Google Chrome
Version 65
Microsoft Edge Internet Explorer
Version: 11
Mozilla firefox
Version: 57
Safari Version: 11.1.2
Operating System Windows 10 Y Y Y Y  
Windows 7 Y   Y Y  
Mac OS 10.13 High Sierra Y     Y Y
iOS 10.3         Y
Android 7.0 Y        

UOB Infinity memiliki sistem yang memberikan standar keamanan yang tinggi untuk perbankan melalui Internet. Sistem keamanan ini menjaga kerahasiaan informasi rekening pribadi Anda dan transaksi perbankan dengan menggunakan:

  • Beberapa tingkat firewall
  • Enkripsi 2048-bit Secure Sockets Layer (SSL) – saat ini diakui secara internasional sebagai standar tertinggi dalam teknologi enkripsi yang tersedia secara komersial
  • Otentikasi dua faktor yang menggunakan ID Pengguna dan kata sandi (atau login biometrik untuk aplikasi seluler UOB Infinity) bersama dengan token yang aman

UOB juga partnered dengan IBM® untuk menyediakan unduhan gratis IBM® Security Trusteer Rapport™ – perangkat lunak perlindungan penipuan dan pencurian identitas online untuk melindungi Anda dari malware saat menggunakan UOB Infinity. Akan ada popup di halaman login UOB Infinity dan Anda dapat mendownload software dengan mengklik tombol “Download Now” di dalam popup.  

Untuk lebih melindungi akun perusahaan Anda dan informasi transaksi saat melakukan banking    melalui UOB Infinity, kami sarankan untuk melakukan hal berikut::

  • Ubah kata sandi Anda secara teratur sebagai langkah keamanan tambahan
  • Bersihkan cache browser setelah setiap sesi di UOB Infinity sehingga detail transaksi Anda terhapus
  • Selalu logout dengan benar setelah Anda menyelesaikan aktivitas banking online Anda

Untuk detail lebih lanjut, Anda mungkin ingin melihat praktik privasi dan keamanan terbaik kami.

Istilah Keamanan - UOB INFINITY

Perhatikan keamanan halaman website Anda

Saat login ke UOB Infinity, periksa apakah alamat website pada status bar di bagian atas browser Anda berubah dari http:// ke https:// dan ikon keamanan (simbol ) muncul di samping kiri/kanan bar alamat URL browser Anda. Jika Anda tidak melihat simbol , segera tinggalkan website tersebut dan melaporkannya kepada UOB Call Centre di nomor 14008.

Langkah tambahan untuk meningkatkan keamanan dalam transaksi online Anda

  • Jaga kerahasiaan ID pengguna dan Kata Sandi UOB Infinity Anda.
  • Ubah Kata Sandi Anda secara rutin
  • Simpan Token Anda di tempat yang aman
  • Segera laporkan kepada Bank jika Token Anda rusak atau hilang. Permintaan penggantian Token yang rusak atau hilang harus disertai dengan formulir pengelolaan terkait. Dalam kondisi token rusak, Anda harus mengembalikan token rusak bersamaan dengan formulir pengelolaan tersebut kepada Bank
  • Bank tidak pernah menanyakan data-data rahasia seperti PIN, kata sandi, login ID, data pribadi dan sebagainya melalui telepon atau email
  • Unduh (download) aplikasi hanya dari situs yang terpercaya. Sebaiknya Anda tidak mengakses atau bahkan mengunduh file dan/atau aplikasi dari website yang tidak dikenal atau tidak dapat diyakini keabsahannya.
  • Matikan Bluetooth atau Wi-Fi perangkat Anda terutama di tempat umum jika yang tidak digunakan.
  • Selalu akses dengan mengetik https://infinity.uob.co.id/  dan tidak melalui tautan email. Kami sarankan untuk menyimpan akses UOB Infinity di menu favorit atau bookmarks.
  • Selalu logout dari UOB Infinity sebelum berpindah ke website lain dan pastikan selalu menghapus browser’s disk cache (pada Menu Bar> pilih Tools> klik Delete Browsing History) terutama jika Anda mengakses rekening Anda dari terminal akses publik. Hal ini akan mencegah informasi rekening Anda tersimpan pada terminal.
  • Instal firewall personal1pada PC Anda sekaligus perangkat lunak (software) anti-virus dan anti-trojan horse2untuk melindungi PC Anda dari virus dan program yang berbahaya. 

1 Firewall Personal

Firewall personal menyediakan dua fungsi dasar. Fungsi ini melindungi sistem Anda dari pemindai yang tidak diminta dari internet dan juga menawarkan kontrol ke luar. Pemindai ke dalam dapat mencari dan memblokir perintah, instruksi, program atau pesan yang tidak diundang masuk ke dalam sistem Anda, sementara kontrol ke luar akan mencari dan memblokir program yang tidak dikenal (seperti virus dan Trojan horses) untuk mengirimkan pesan dari komputer Anda ke luar.

2 Trojan Horse

Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (kata sandi, kebiasaan pengguna yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memeroleh hak akses pada target).

Phising

Phising adalah tindakan dari pihak yang tidak bertanggung jawab dalam memperoleh informasi pribadi seperti user id, password, atau informasi lainnya dengan tujuan penipuan dan bisa mengakibatkan akun internet banking dapat diakses oleh orang lain.

Cara kerja phising adalah memalsukan alamat website ataupun email. Tips agar terhindar dari phising:

  • Pastikan kembali alamatwebsiteyang Anda kunjungi khususnya alamatwebsite UOB Indonesia yaitu uob.co.id.
  • Selalu update Sistem Operasi, Software aplikasi, dan Browser yang digunakan.
  • Perhatikan alamat email 
  • Jangan membuka atau download lampiran apapun dariemail yang tidak dikenal, karena lampiran tersebut kemungkinan berisi malware.
  • Jangan sembarang klikhyperlink yang terdapat pada hyperlink bisa digunakan untuk mengarahkan Anda ke situs-situs phising yang berisi malware atau website yang menipu pengguna agar memberikan informasi pribadi.

Malware

Malware adalah program atau software yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer yang bisa mengalihkan data hasil input nasabah/pengguna untuk kepentingan lainnya yang tidak bertanggung jawab sehingga bisa menyebabkan kerugian finansial terhadap nasabah.

Kerja malware hampir sama seperti virus, namun malware memberikan informasi dari komputer/perangkat kita ke server/asal malware tersebut.

Tips agar komputer/perangkat yang Anda pakai terhindar dari malware:

  • Install perangkat anti malware dan lakukan update secara berkala.
  • Selalu update Sistem Operasi, Software aplikasi, dan browser yang digunakan.
  • Jangan sembarangan melakukan download dari internet dan pastikan dari situs terpercaya.

Jangan membuka email sembarangan dari orang yang tidak dikenal. 

Social Engineering

Social Engineering adalah manipulasi psikologis dari seseorang dalam melakukan aksi atau menguak suatu informasi rahasia biasanya dilakukan melalui telepon atau internet. Oleh karena itu jangan pernah memberikan informasi sensitif mengenai akun bank Anda kepada orang lain.

Tips untuk menghindari Social Engineering :

  • Selalu waspada pada saat berinteraksi di dunia nyata ataupun di dunia maya, apalagi jika berkaitan dengan informasi dimana Anda bekerja
  • Jangan memberikan informasi sensitif mengenai pribadi ataupun tempat bekerja pada saat berinteraksi di dunia nyata ataupun dunia maya.

Virus

Virus adalah program komputer yang dibuat dan memiliki kemampuan untuk dapat merusak sistem operasi perangkat Anda, aplikasi, ataupun data yang ada pada perangkat tersebut.

Ciri-ciri komputer yang terkena virus :

  • Komputer tidak stabil/sering hang
  • Kinerja komputer terasa lambat
  • Terdapatfileaneh didalam media penyimpanan komputer/perangkat yang kita gunakan.

Tips menghindari perangkat terkena virus :

Install anti-virus.

  • Update anti virussecara berkala
  • Janganinstall program dari sumber yang tidak dipercaya
  • Selalu scan flashdisk atau media yang dikoneksikan ke perangkat Anda

Keylogger

Keylogger adalah program komputer yang dapat menyimpan apa yang Anda ketik di perangkat yang Anda gunakan.

Tips untuk menghindari dari Keylogger :

  • Selalu gunakan perangkat yang biasa Anda pakai untuk bertransaksi dan pastikan tidak ada aplikasi yang Anda tidak pernah install
  • Jangan menggunakan komputer/perangkat yang dipakai bersama untuk melakukan transaksi.

 

Layanan BI-FAST untuk Transaksi Bulk melalui UOB Infinity

Nasabah memilih fitur Bulk Transaction (Transfer to Other Local Bank atau Upload Bulk Files) pada UOB Infinity dan memasukkan data transaksi atau mengunggah file transaksi dengan menggunakan format file Bulk Payment BI-FAST yang berlaku.

Limit per transaksi BI-FAST melalui UOB Infinity adalah minimal Rp 10.000* dan maksimal Rp 250.000.000

Jika nilai transaksi melebihi limit Rp. 250.000.000,- maka Bank tidak dapat memproses transaksi tersebut. Nasabah wajib memastikan nilai transaksi dalam Bulk Payment file tidak melebihi limit sebesar Rp. 250.000.000,-.

Untuk instruksi pembayaran dengan rekening tujuan pada Bank UOB (transaksi pindah buku), limit transaksi adalah sesuai limit transaksi UOB Infinity yang diatur oleh Nasabah, atau limit maksimum (Rp 9.999.999.999.999,-).

Untuk transaksi transfer ke Bank (UOB) dengan nomor tujuan Virtual Account di bank lain, tergantung dari fitur yang disediakan oleh Bank Penerima. Jika Bank Penerima menyediakan fitur tersebut maka transaksi dapat dilakukan namun jika fitur tersebut tidak tersedia maka transaksi tidak dapat dilakukan. Nasabah dapat memastikan terlebih dahulu pada pihak biller/merchant  yang menerbitkan nomor Virtual Account.

Layanan Bulk Payment LLG tersedia di UOB Infinity dan akan diproses oleh bank hingga informasi lebih lanjut.

Ya. Layanan Single Payment SKN BI pada UOB Infinity masih tersedia dan dapat digunakan.

Cut Off Time (COT) pemrosesan file Bulk Payment BI-FAST segera (immediate) mengikuti COT layanan BI-FAST yaitu 24/7. Namun COT untuk nasabah mengirimkan file upload ke Bank adalah pukul 23.00 WIB

Hingga 31 Desember 2024, biaya per transaksi atas instruksi pembayaran Bulk Payment BI-FAST melalui UOB Infinity adalah Rp 0

Ya, nasabah dapat mengirimkan transaksi dengan tanggal valuta mundur (post-dated), dan akan diproses oleh Bank pukul 08.00 WIB di tanggal valuta tersebut.

File Bulk Payment BI-FAST untuk transaksi terjadwal (post-dated) yang sudah dikirim ke Bank melalui UOB Infinity tidak dapat dibatalkan

Sistem Bank akan memproses kedua file tersebut, namun jika terdapat kesamaan payment reference number, maka sistem bank akan menolak transaksi dengan payment reference number yang sama (dianggap sebagai duplicate transaction).

Untuk detil format Bulk BI-FAST, nasabah dapat merujuk pada File Specification Document yang akan diberikan oleh tim Client Service Implementation (CFS) saat implementasi.

Tidak bisa, format file Bulk BI-FAST tidak dapat di-unggah menggunakan menu “Send Files to UOB”.

Ya, nasabah dapat melakukan pembayaran dengan rekening tujuan proxy menggunakan format Bulk BI-FAST File.

Nasabah dapat menghubungi UOB Contact Centre 14008 atau +6221 2355 9000 (luar negeri) untuk informasi lebih lanjut.