Inklusi Keuangan

Inklusi Keuangan

Guna mencapai peningkatan kualitas hidup dan tujuan pembangunan yang berkelanjutan, kami bertanggung jawab dalam memberi akses bagi setiap individu atau bisnis untuk bisa memanfaatkan produk ataupun layanan keuangan.

Kebijakan dan Komitmen Kami

Kami memahami bahwa pengetahuan, pemahaman, dan akses masyarakat Indonesia terhadap lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan masih rendah dan tidak merata. Karena itu, kami melakukan kegiatan literasi keuangan sejalan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76/Pojk.07/2016 tentang peningkatan literasi dan inklusi keuangan di sektor jasa keuangan bagi konsumen dan/atau masyarakat.

Untuk mencapai tujuan di atas, kami yang menjadi bagian dari kelompok kerja Bank Indonesia (Pokja BI) berkomitmen untuk terlibat secara aktif dalam melaksanakan kegiatan Literasi Keuangan kepada masyarakat melalui Literasi, Komunitas dan Kolaborasi, yakni:

  1. Literasi

    Dengan berbagi pengetahuan mengenai manfaat, risiko dan tanggung jawab produk dan jasa perbankan, manajemen keuangan dan pengetahuan tentang perbankan secara umum.

  2. Komunitas

    Dengan membentuk kelompok diskusi dan berbagi pengalaman antar kelompok akan membangun komunitas praktik yang bertujuan untuk mempercepat penyebaran pengetahuan.

  3. Kolaborasi

    Dengan cara bekerja sama antara UOBI dan pihak terkait diharapkan program literasi keuangan dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas. Adapun kegiatan literasi UOBI yang dipimpin oleh unit kerja PFS Wealth and Liabilities Product, dibantu oleh unit bisnis serta didukung oleh semua fungsi kerja UOBI di seluruh Indonesia yang berfokus pada:

    • profesional/karyawan
    • pelajar/mahasiswa
    • komunitas/umum
    • Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

UOBI memiliki program untuk memperkenalkan literasi keuangan kepada siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi serta pekerja berpenghasilan rendah, agar mereka dapat mengakses produk keuangan dan meningkatkan pemahaman mereka tentang prinsip-prinsip manajemen keuangan yang sehat. Sekaligus, kami berharap dapat meningkatkan pembukaan rekening karyawan dan mahasiswa

Kami memiliki Corporate Employee Program yang memiliki kapabilitas/ fitur penggajian bagi perusahaan. Sebagian besar tenaga kerja di bisnis seperti pabrik mendapatkan upah minimum, dan beberapa tidak memiliki rekening bank. Melalui inisiatif ini, kami memberikan mereka akses ke rekening USave dan TMRW, menawarkan kemudahan akses menggunakan kartu ATM/Debit UOBI di jaringan ATM Bersama dan Prima, yang memungkinkan mereka mengelola keuangan dengan lebih efektif.

Kami juga mempromosikan produk tabungan seperti TabunganKu dan Simpanan Pelajar (Simpel). Produk-produk ini menawarkan setoran awal yang terjangkau, dan tanpa biaya bulanan.

Dukungan untuk UKM

Dukungan untuk UKM

UKM memainkan peran penting sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan pada Maret 2021, Indonesia memiliki 64 juta UKM, yang menyumbang lebih dari 61 persen produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 97 persen dari total angkatan kerja.

Namun, masih banyak yang harus dilakukan untuk membantu pertumbuhan UKM di Indonesia. Transformasi digital masih perlu dipercepat lebih lanjut agar UKM dapat berkembang dengan baik.

Kebijakan dan Komitmen Kami

Kami menyadari bahwa untuk mendukung UKM dalam meningkatkan usaha mereka dan mengejar pertumbuhan, akan memerlukan pendekatan menyeluruh yang memprioritaskan transformasi digital di seluruh rangkaian proses. UKM yang mampu beradaptasi dan terbuka pada digitalisasi akan berkembang pesat, seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengandalkan ekonomi digital.

UOBI terus mendukung nasabah UKM melalui:

  • Meningkatkan layanan perbankan digital bagi nasabah UKM di bidang pembayaran, penagihan, dan fasilitas pembiayaan
  • Menyelenggarakan webinar untuk nasabah UKM bekerja sama dengan mitra ekosistem kami, berupa pemberian informasi mengenai prospek ekonomi dan perkembangan pasar
  • Menjangkau mitra ekosistem kami seperti perusahaan teknologi, penyedia asuransi, agen real estat, dan pengembang untuk berbagi pengetahuan dan strategi tentang berbagai topik termasuk cara mengelola tantangan terkait pandemi dan ketidakpastian ekonomi
  • Menjawab kebutuhan pinjaman properti komersial di komunitas lokal dengan kampanye dan webinar

Meninjau Efektivitas Kebijakan dan Kinerja

Dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan bagi nasabah UKM, Transaction Banking Experience (TBEX) sebagai pusat pengetahuan terus memberikan informasi terkini tentang bisnis dan peraturan terkait. Akses online ini memberikan pengetahuan yang luas tentang cara mengembangkan bisnis bagi nasabah UKM.

Untuk mendukung UKM dalam mengakses teknologi yang diperlukan untuk transformasi digital, UOB Indonesia telah berkolaborasi dengan mitra ekosistem Bank untuk meluncurkan beberapa inisiatif dan program sejak tahun 2020. Pada tahun 2022, Bank meningkatkan UOB Bizsmart, solusi bisnis terintegrasi berbasis cloud. Solusi ini mengintegrasikan solusi pembayaran dengan otomatisasi pelaporan point-of-sale otomatis yang terhubung ke rekening nasabah bank UOB Indonesia, sehingga memungkinkan rekonsiliasi real-time dan setoran langsung. Hal ini menghasilkan peningkatan volume transaksi sebesar 147,5 persen year-on-year melalui UOB Bizsmart pada tahun 2023.

Platform cash management dan trade finance Bank, Infinity, mendukung nasabah dengan memastikan bahwa transaksi perbankan mereka dapat dilakukan dari jarak jauh dan efisien. Hal ini tercermin dalam pertumbuhan yang baik dari peningkatan 23,9 persen year-on-year dalam jumlah transaksi melalui Infinity dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tercatat peningkatan 5,7 persen year-on-year dalam jumlah pelanggan UKM pada tahun 2023.